detikNews
Jumat 17 Mei 2019, 14:17 WIB

Jokowi Salat Jumat di Dusun Sasak Sade Lombok, Warga Antre Salaman

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Salat Jumat di Dusun Sasak Sade Lombok, Warga Antre Salaman Presiden Jokowi usai salat Jumat di Lombok (Foto: Ray Jordan/detikcom)
Lombok - Usai meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju Dusun Sasak Sade, Rembitan, Lombok. Di sana, Jokowi menunaikan salat Jumat dengan masyarakat setempat.

Jokowi salat Jumat di Masjid Nur Syahada, Dusun Sasak Sade, Rembitan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (17/4/2019). Masjid tersebut berada di tengah perkampungan warga.


Untuk menuju masjid, dari pinggir jalan utama, Jokowi harus masuk ke dalam gang kecil. Jalur yang dilalui juga sedikit mendaki.

Di kiri-kanan jalur, terdapat rumah warga perajin kain tenun sade juga beberapa kios untuk menjajakan hasil tenunan.

Setibanya di masjid, masyarakat sudah berkumpul dan siap untuk melaksanakan ibadah salat Jumat. Jokowi salat ditemani Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Bupati Lombok Utara TGH Najmul Akhyar bertugas sebagai katib. Tema khotbah yang dibawa yakni 'Merajut Ukhuwah, Merajut NKRI'.

"Pesta demokrasi terkadang membuat orang kehilangan kesadaran akan makna demokrasi sesungguhnya. Demokrasi sebagai sistem untuk melahirkan pemimpin terbaik, namun bagi sebagian orang malah merendahkan pemimpin yang lahir dari rahim demokrasi itu sendiri," demikian kutipan khotbah tersebut.


Salat Jumat kemudian berlangsung tertib dan khusyuk. Usai salat, warga berkumpul di luar masjid untuk bersalaman dengan Jokowi.

Jokowi melayani jabatan tangan warga. Dia juga meladeni beberapa permintaan foto bersama. Bahkan hingga keluar area masjid, warga masih banyak yang mendekat untuk bersalaman dan berfoto dengan Jokowi.
(jor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed