DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 20:32 WIB

Imbas Kerusuhan di Lapas Langkat: 1 Petugas Luka, 16 Kendaraan Terbakar

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Imbas Kerusuhan di Lapas Langkat: 1 Petugas Luka, 16 Kendaraan Terbakar Kendaraan yang dibakar di Lapas Narkotika Langkat (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Kerusuhan di Lapas Narkotika Kelas III Langkat, Sumatera Utara, menyebabkan seorang petugas terluka. Selain itu, ada seorang narapidana yang terluka.

"Untuk luka 1 orang dari napi dan 1 orang dari petugas lapas," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Kamis (16/5/2019).



Kerusuhan juga mengakibatkan sejumlah kendaraan terbakar. "Tiga unit mobil pribadi, satu unit mobil ambulans Lapas Narkotika Hinai, 12 unit sepeda motor (rusak)," ujar Dedi.



Kerusuhan itu bermula saat jam buka pintu sel dilakukan pada siang tadi. Diduga ada warga binaan berinisial FK alias AJO yang membawa sabu.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan, tetapi pelaku berusaha melarikan diri. Petugas Lapas akhirnya menangkap pelaku tersebut. Diduga petugas itu memukul FK, yang kedapatan membawa sabu.

FK kemudian dibawa ke ruang staf sekitar pukul 13.00 WIB. Semua warga binaan langsung berkumpul, mendobrak, dan membawa FK kembali ke blok. Para napi juga kemudian mendobrak pintu utama dan menguasai lapas narkoba.

Mereka juga dilaporkan melakukan aksi pembakaran lapas, mobil petugas, dan fasilitas lapas. Sebanyak 490 personel TNI dan Polri saat ini terus bersiaga di lokasi.

Sebanyak 92 napi yang kabur telah ditangkap. Sebelumnya disebutkan ada sekitar 100 napi yang sempat kabur setelah terjadi kerusuhan.
(knv/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed