detikNews
Kamis 16 Mei 2019, 19:48 WIB

490 Personel TNI-Polri Amankan Lapas Narkotika Langkat yang Rusuh

Audrey Santoso - detikNews
490 Personel TNI-Polri Amankan Lapas Narkotika Langkat yang Rusuh Ilustrasi kerusuhan di lembaga permasyarakatan (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 490 personel TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan Lapas Narkotika Kelas III Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Aparat berhasil mengembalikan situasi dari yang semula chaos akibat ulah warga binaan yang melakukan perlawanan hingga pembakaran menjadi kondusif.

"Untuk personel pengamanan dari Polres Langkat 100 orang, Brimob 100 orang, Raider TNI AD 100 orang, Marinir TNI AL 60 orang, Polres Binjai 30 orang, dan Sabhara Polda Sumut 100 orang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo ketika dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (16/5/2019).

Dedi menerangkan ratusan personel TNI-Polri disebar ke tiga titik pengamanan, yakni pintu-pintu keluar lapas. Dedi menambahkan Polda Sumut telah membentuk tim khusus untuk memburu warga binaan yang memanfaatkan kerusuhan ini untuk melarikan diri.

"Tiga titik pengamanan di pintu-pintu keluar. Saat ini aparat Polres, Brimob, Polda, Yon Kostrad, dan Marinir sudah berhasil menguasai lapas tersebut. Polda Sumut sudah membentuk tim pemburu para warga binaan yang kabur. Dari Polda juga masih menunggu audit data warga binaan dari pihak lapas," terang Dedi.


Sebelumnya, informasi yang didapat dari aparat setempat ialah peristiwa ini mengakibatkan sekitar 100 orang napi kabur. Jumlah warga binaan Lapas Narkotika mencapai 1.634 orang.

Kejadian bermula saat jam buka pintu sel dilakukan pada siang tadi. Diduga ada warga binaan berinisial FK alias AJO yang membawa sabu.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan tetapi pelaku berusaha melarikan diri. Petugas Lapas akhirnya menangkap pelaku tersebut. Diduga petugas itu memukul FK, yang kedapatan membawa sabu.

FK kemudian dibawa ke ruang staf sekitar pukul 13.00 WIB. Semua warga binaan langsung berkumpul, mendobrak, dan membawa FK kembali ke blok. Para napi juga kemudian mendobrak pintu utama dan menguasai lapas narkoba.

Mereka juga dilaporkan melakukan aksi pembakaran lapas, mobil petugas, dan fasilitas lapas.




Tonton juga video Modus Baru! 300 Kg Ganja Disembunyikan di Antara Limbah Medis:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed