DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 12:44 WIB

Bara Hasibuan: PAN Tak akan Ikut Gerakan yang Bikin Chaos

Tsarina Maharani - detikNews
Bara Hasibuan: PAN Tak akan Ikut Gerakan yang Bikin Chaos Bara Hasibuan (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Waketum PAN Bara Hasibuan menegaskan PAN tidak akan mengikuti gerakan yang berpotensi membuat suasana negara menjadi kacau. Penegasan itu disampaikan Bara untuk menanggapi pernyataan politikus Gerindra Desmond J Mahesa yang meminta Amien Rais menggerakkan PAN lebih dulu jika ingin menggelar people power.

"Saya bisa katakan PAN tidak akan ikut gerakan-gerakan yang justru akan membuat suasana resah dan membuat chaos. Apa pun itu namanya, kami tidak akan terlibat," kata Bara di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/5/2019).




Bara mengklaim penegasan yang ia sampaikan ini merujuk kepada sikap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Menurut dia, Zulkifli dengan tegas menyatakan PAN tidak akan ikut dalam kegiatan yang bersifat inkonstitusional.

"Saya mereferensi pendapat saya kepada ketua umum. Beliau (Zulkifli) selalu mengatakan bahwa kita tidak bisa ikut dalam kegiatan yang inkonstitusional," ujarnya.

Sebelumnya, aktivis 1998 yang saat ini berlabuh ke Gerindra, Desmond J Mahesa, menyoroti manuver Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais soal people power. Desmond meminta Amien Rais menggerakkan PAN terlebih dahulu jika memang ingin menggelar people power.

"Kalau Amien Rais bisa mengajak partai yang dia dirikan itu, 'gua ikutan, gua bagian dari ikutan'. Kalau nggak, ini kan lelucon yang nggak lucu. Lelucon yang nggak lucu. Ya masa dia ngajak Gerindra, gitu kan?" kata Desmond kepada wartawan, Rabu (15/5).




Selain itu, Desmond meyakini people power yang diserukan Amien Rais tak akan terwujud. Dia kemudian berbicara soal pengalamannya saat masih menjadi aktivis.

"Jadi kalau menurut saya, ini pendapat pribadi ya, sebagai aktivis, people power itu tidak akan terjadi karena sudah batal di awal, diomongin Amien Rais. Kalau kami di aktivis dulu kalau ada orang ngomong di depan ini pasti orang ini intel, gitu loh, menginformasikan ke orang," jelas Desmond.


Yenny Wahid Bicara People Power dan Bahaya Pengerahan Massa:


(tsa/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed