detikNews
Rabu 15 Mei 2019, 19:47 WIB

Masih Ada Saksi Hadir di Rekapitulasi KPU, Ini Penjelasan BPN Prabowo

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Masih Ada Saksi Hadir di Rekapitulasi KPU, Ini Penjelasan BPN Prabowo Dahnil Anzar Simanjuntak (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Saksi dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tetap datang ke rekapitulasi KPU meski Badan Pemenangan Nasional (BPN) menyatakan akan menarik mereka. BPN Prabowo-Sandi memberi penjelasan.

"Kan kemarin sore itu jelas Pak Prabowo sampaikan kita akan tidak akui pemilu yang penuh dengan kecurangan, namun kami masih berikan waktu kepada KPU beberapa hari ini agar kemudian tunjukkan iktikad baik untuk lakukan perubahan yang signifikan, yang berarti. Makanya saksi-saksi kita sampai detik ini itu masih bertugas," kata Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).


Dia mengatakan akan menunggu perubahan dalam beberapa hari ke depan. Jika tak ada perubahan, saksi-saksi tersebut akan ditarik.

"Jadi kita akan melihat beberapa hari ke depan ini perkembangannya. Kalau kemudian perkembangannya menunjukkan tidak ada iktikad baik, malah justru kaya tadi dinilai, maka kami akan tarik saksi-saksi kita," ujarnya.

Menurut Dahnil, hasil yang mereka tolak adalah hasil pilpres. Sedangkan hasil pileg diserahkan kepada masing-masing partai.

"Kalau pileg, tanyakan kepada masing-masing parpol, tentu yang kami sampaikan sebagai BPN capres dan konteks ini kan kita sampaikan terkait hasil pilpres, apalagi kapasitas saya bicara sebagai jubir Prabowo-Sandi," kata dia.


BPN Prabowo-Sandi menyatakan akan menarik para saksi penghitungan suara Pemilu 2019 yang ada di KPU pusat hingga kabupaten/kota. Namun saksi BPN tetap hadir dalam rekapitulasi tingkat nasional hari ini.

Pantauan detikcom di ruang rapat lantai 1 kantor KPU Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019), saksi BPN tampak hadir direkapitulasi panel 1. Terlihat satu orang sebagai saksi menempati kursi bagian BPN 02.


Tonton juga video Bantah Ubah Situng KPU, Berikut Penjelasan Tsamara:

[Gambas:Video 20detik]


(abw/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com