DetikNews
Rabu 15 Mei 2019, 12:59 WIB

Rekap KPU di Makassar Alot, Bawaslu Temukan Suara Caleg Menggelembung

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Rekap KPU di Makassar Alot, Bawaslu Temukan Suara Caleg Menggelembung Ilustrasi (Foto: dok. detikcom)
Makassar - Rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat Kota Makassar terbilang sangat alot dan belum selesai hingga saat ini. Pada proses rekapitulasi ini, ditemukan banyak suara bertambah secara misterius.

Rekapitulasi suara ini digelar di hotel Grand Asia, Jalan Boulevard, Makassar, Rabu (15/5/2019).

Salah satu temuan dari Bawaslu Kota Makassar adalah di Kecamatan Tamalate, Kelurahan Jongaya, untuk pemilihan anggota DPR RI dan DPRD provinsi. Pada rekapitulasi ini, suara yang tertulis di DAA1 Plano berjumlah 69 suara, tapi yang tertulis di DA1 Plano berjumlah 479 suara.



Suara ini milik caleg NasDem untuk kursi DPR RI atas nama Aura Aulia Imandara. Aura dikenal publik Makassar sebagai putri mantan Wali Kota Makassar Ramdhan Danny Pomanto.

Tidak hanya itu, suara caleg dari Partai Golkar untuk DPRD Sulsel, Kadir Halid, juga mengalami perubahan dengan cenderung naik di Kelurahan Jongaya. Dari pantauan di lapangan, beberapa kali suara caleg ini tidak sesuai dengan yang tertulis di DA2 Plano.

"Setelah kita crosscheck dan sesuaikan Plano DAA1 dan DA1 memang ada ketidaksesuaian," kata Ketua Bawaslu Makassar Nursari di lokasi rekapitulasi suara.

"Untuk caleg DPR RI, provinsi, dan kota ada ketidaksesuaian angka. Sehingga dari awal kita rekomendasi untuk segera dibuka planonya. karena kami anggap plano ini sumber data akurat terkait perolehan suara di TPS," sambungnya.



Setelah plano dibuka, kata Nursari, ditemukan seorang caleg untuk kursi DPR RI yang memiliki selisih hingga 400 suara dari yang tercatat.

"Setelah dibuka, ada selisih. di DPR RI ada sekitar 400 lebih, di provinsi ada (selisih) 100 lebih," ucapnya.



Update Real Count Pilpres 2019!:

[Gambas:Video 20detik]


(fiq/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed