DetikNews
2019/05/15 09:41:47 WIB

Round-Up

Penangkapan Eggi Sudjana yang Bikin Amien Tutup 'People Power'

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Penangkapan Eggi Sudjana yang Bikin Amien Tutup People Power Amien Rais (Foto: Rengga Sancaya-detikcom)
Jakarta - Amien Rais menutup penggunaan istilah 'people power' dan menggantinya dengan istilah gerakan kedaulatan rakyat. Salah satu alasan Amien adalah terkait ditangkapnya Eggi Sudjana yang bicara menggunakan istilah 'people power'.

Berakhirnya penggunaan istilah 'people power' disampaikan Ketua Dewan Kehormatan PAN ini saat berbicara di panggung simposium yang memaparkan mengenai dugaan kecurangan Pemilu 2019. Amien menyerukan agar tak lagi menggunakan istilah people power.

"Eggi Sudjana ditangkap polisi karena bicara people power. Kita tidak gunakan people power, tapi gerakan kedaulatan rakyat," ujar Amien di panggung simposium di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (14/5/2019).



Dia berharap tak ada yang menganggu penggunaan istilah gerakan kedaulatan rakyat ini. Amien mengatakan jika di kemudian hari ada yang menghalangi pendukung Prabowo dengan tagline barunya 'kedaulatan rakyat', maka penghalang itu akan digilas.

"Siapa yang berhadapan dengan gerakan kedaulatan rakyat kita gilas bersama," tutur Amien.



Adapun persoalan Eggi yang dimaksud Amien adalah penetapan status tersangka dugaan makar terhadap Eggi. Penetapan itu, tak lain karena pidato Eggi yang di dalamnya memuat istilah 'people power'.

Pidato Eggi itu disampaikan pada Rabu (17/4/2019) di depan kediaman capres 02 Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam pidatonya, Eggi menyerukan ajakan 'people power' di hadapan pendukung kubu Prabowo-Sandi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed