detikNews
Selasa 14 Mei 2019, 14:50 WIB

Begini Penampakan Rutan Siak Pascarusuh Berujung Pembakaran

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Begini Penampakan Rutan Siak Pascarusuh Berujung Pembakaran Foto: Penampakan rutan Klas II B Siak di Kota Siak Sriindrapura, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (14/5/2019). (Chaidir-detikcom)
Jakarta - Rutan Klas II B Siak di Kota Siak Sriindrapura, Kabupaten Siak, Riau ludes dibakar penghuninya. Inilah penampakan dan kegiatan di Rutan tersebut.

Rutan ini berada di tengah kota Siak dengan tembok setinggi 5 meter. Di balik tembok itu, terlihat puing-puing sisa kebakaran. Tidak ada lagi penghuninya di sana.

"Pascakebakaran, baru hari ini kita bisa masuk setelah dilakukan oleh TKP dari pihak kepolisian," kata Saut Dodi petugas Rutan Siak saat ditemui detikcom di lokasi, Selasa (14/5/2019).
Pantauan di lokasi, terlihat bekas-bekas sisa makanan yang berserakan dan menimbulkan bau tak sedap. Terlihat tempat ransum penghuni yang dikumpulkan.

Peralatan dapur mulai dibersihkan. Sejumlah orang terlihat mengangkut tabung gas di ruang dapur Rutan yang tidak dibakar. Sejumlah sembako yang tersisa semuanya dikumpulkan.

"Ada kompor gas, telur, garam, gula kacang-kacangan yang semuanya berada di dapur saja yang tersisa. Karena dapur tak mereka bakar," kata Dodi.

Begini Penampan Rutan Siak Pascarusuh Berujung PembakaranFoto: Penampakan rutan Klas II B Siak di Kota Siak Sriindrapura, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (14/5/2019). (Chaidir-detikcom)

Menurut Dodi, kini seluruh tahanan dan Napi seluruhnya sudah dipindahkan ke sejumlah daerah yang ada di Riau. Namun demikian, posko pengaduan masyarakat tetap dibuka.

"Posko ini buka untuk melayani informasi keluarganya. Karena pasti ada pihak keluarga yang bertanya kepada kami ke mana keluarganya di pindahkan," kata Dodi.

"Di Rutan ini jumlah penghuninya 648 orang. Dari jumlah itu tersisa 6 orang lagi masih diburu," pungkasnya.


Sebelumnya, warga binaan di Rutan Siak Kelas IIB Sri Indrapura mengamuk dan membuat kerusuhan hingga membakar bangunan sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (11/5). Kericuhan diduga bermula saat petugas rutan mengamankan sejumlah orang yang diduga menggunakan narkoba di dalam penjara.


Menkum HAM Cek Rutan Siak, Akar Masalahnya Over Kapasitas 500%:

[Gambas:Video 20detik]


(cha/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed