DetikNews
Minggu 12 Mei 2019, 16:45 WIB

Permukiman Kampung Bandan Terbakar, Anies Jamin Permudah Urus Surat Berharga

je - detikNews
Permukiman Kampung Bandan Terbakar, Anies Jamin Permudah Urus Surat Berharga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin akan memberikan kemudahan kepada warga terdampak kebakaran di Kampung Bandan, Jakarta Utara , untuk mengurus surat berharga yang hangus. Anies mengatakan proses itu harus disertai bukti lengkap.

"Semua surat-surat yang dipegang oleh warga itu ada dokumen aslinya juga di pemerintah. Baik sertifikat tanah, KTP, kemudian KK. Jadi jangan khawatir. Selama datang dengan bukti-bukti yang lengkap, insyaallah nanti akan bisa diberikan penggantinya. Termasuk juga KTP, KK, buku nikah, banyak yang terbakar semua. Dan kita sudah siapkan," ujar Anies di posko pengungsian RT 11/RW5, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, MInggu (12/5/2019).



"Begitu mereka lapor, langsung akan disiapkan penggantinya. Karena itu penting sekali, semua yang kita mampir selalu saya tanya, sudah lapor belum. Lapor itu bukan soal apa-apa, supaya pemerintah bisa segera menyiapkan dokumen-dokumen penggantinya," sambungnya.

Pemprov DKI juga sudah menyalurkan sejumlah bantuan mulai dari pakaian hingga obat-obatan. Adapun, kata Anies, Pemprov DKI menyiapkan sejumlah seragam sekolah agar anak-anak para korban terdampak kebakaran bisa tetap mengikuti pendidikan.

"Semua anak-anak sekolah sudah langsung disiapkan seragam, buku-buku. Sehingga tidak terganggu sekolahnya. Ada 5 anak SD, 27 (anak) SMP, dan 3 anak SMA. Mereka semua dijamin untuk langsung meneruskan sekolah tanpa ada gangguan," katanya.

Total warga yang tinggal di Kampung Bandan terdiri dari 450 pintu rumah, 450 KK yang jika dijumlah ada 3.500 warga. Pemprov DKI dalam hal ini sudah menyiapkan tenda-tenda pengungsian untuk 4 posko pengungsian.



Eks Mendikbud ini mengatakan belum memiliki rencana untuk membangun kembali kawasan yang terbakar. Dia menyebut akan melakukan diskusi dengan PT KAI yang secara resmi memiliki banyak lahan di kawasan tersebut.

"Mungkin hari Senin atau Selasa kita akan bicara dengan PT KAI yang secara resmi memiliki banyak lahan di tempat ini. Untuk melihat secara detail situasi dan rencana ke depannya. Dari situ baru kita tentukan langkah-langkahnya.

Sementara itu, Lurah Ancol, Rusmin menyebut bantuan air mineral dan makanan sangat dibutuhkan untuk warga yang mengungsi di posko pengungsian. Dia mengatakan, bantuan dari LSM sudah mulai berdatangan sehingga meringankan beban korban kebakaran.

"Terus selimut untuk malam hari, matras. Tapi itu udah semua ditanggulangi oleh berbagai bantuan masyarakat maupun pemprov itu sendiri. Kalau dari Sudin sosial setiap malam menyiapkan 3.500 makan," ucapnya di lokasi yang sama.


Simak Juga "Anies Pastikan Kebutuhan Pangan Warga Aman Selama Ramadan":

[Gambas:Video 20detik]


(idn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed