DetikNews
Sabtu 11 Mei 2019, 14:36 WIB

Pemudik Bisa Gunakan Tol Trans Sumatera Bakauheni-Jakabaring Tahun ini

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemudik Bisa Gunakan Tol Trans Sumatera Bakauheni-Jakabaring Tahun ini Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Lampung - Pemerintah menyebut Tol Trans Sumatera dari Bakauheni, Lampung ke Jakabaring, Palembang bisa digunakan saat mudik Lebaran 2019. Namun ada yang digunakan 24 jam, ada pula yang hanya beroperasi di siang hari.

Jalur yang bisa digunakan 24 jam adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Tol tersebut sudah beroperasi diresmikan.

"Untuk jalan tol, kita resmikan kemarin (Bakauheni) -Terbanggi Besar. Jalur ini (Trans Sumatera) sampai Palembang, kendalanya di Jembatan Sodong, laporan Jembatan Sodong telah selesai akan kami tinjau dari udara," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, kepada wartawan di rest area KM 234, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Mesuji, Lampung, Sabtu (11/5/2019).


Sementara itu tol yang digunakan secara fungsional dari Terbanggi Besar sampai Jakabaring. Tol itu hanya digunakan saat siang karena memiliki keterbatasan rambu dan penerangan.

"Dari Terbanggi (Besar) sampai Pematang (Panggangan) ini ada dua lajur baik dari Bakauheni ke sini maupun sebaliknya. Namun dari Pematang Panggang sampai ke Kayu Agung hanya satu jalur, dari (arah) Pematang Panggang ke Kayu Agung. dari Kayu Agung ke Pematang Panggang belum bisa. Langsung ke Jakabaring itu sudah bisa dicapai. Mudah-mudahan fungsionalisasi tol bisa bantu masyarakat lebih baik mudiknya," ucap Basuki.

Tol fungsional bisa digunakan pemudik pada pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Namun bisa juga berubah sesuai kondisi lapangan.


"Ini operasional dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB, kecuali kalau ada hal urgen dan dengan rambu khusus dan dikawal dan sebagainya bisa digunakan malam," ucap Basuki.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri baru bisa memastikan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang. Hal ini, setelah berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Lampung, Kombes Wibowo.


"Kemudian kami sudah melakukan komunikasi dengan Dirlantas, yang bersangkutan setelah lakukan pencermatan dan analisa lapangan khusus KM 141 (Terbanggi Besar) sampai KM 238 akan dimanfaatkan siang hari saja. Kemarin disepakati bahwa siang hari dari 06.00 WIB sampai 18.00 WIB," ucap Refdi di lokasi yang sama.

Namun, jam penggunaan bisa sewaktu-waktu berubah. Perubahan didasari dari analisa lapangan dan kepadatan pemudik.


"Tapi, nanti akan melihat volume dan animo dari masyarakat, bisa diberlakukan setelah sahur pada 05.00 sampai berakhir buka puasa. Bisa juga, sangat tergantung analisa lapangan," ucap Refdi.

Tol fungsional ini, akan dibuka saat masa Operasi Ketupat. Kemudian kembali ditutup saat operasi selesai.

"Nanti akan disepakati, mungkin akan diberlakukan pada saat mulai operasi ketupat pada tanggal 29 Mei. sampai 10 Juni, selama 13 hari," ucap Refdi.
(aik/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed