detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 19:05 WIB

KPK Selisik Asal Usul Duit Beli Mobil yang Disita dari Markus Nari

Haris Fadhil - detikNews
KPK Selisik Asal Usul Duit Beli Mobil yang Disita dari Markus Nari Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK mengatakan pihaknya bakal menelusuri asal duit pembelian mobil Toyota Land Cruiser yang disita dari tersangka dugaan korupsi e-KTP Markus Nari. Penelusuran itu dilakukan untuk mengetahui apakah mobil itu dibeli dari duit dugaan korupsi e-KTP atau tidak.

"Nanti akan kami telusuri. Kalau asal-usul mobil, pembeliannya dari uang e-KTP atau tidak, atau terkait dengan peristiwa lain, akan kami telusuri," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

Mobil berwarna hitam itu disita KPK pada Rabu (8/5). Saat ini mobil itu menjadi salah satu barang bukti dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP yang menjerat Markus.

Markus ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam dua kasus terkait e-KTP. Kedua kasus itu ialah dugaan merintangi penyidikan dan dugaan korupsi proyek e-KTP.


Untuk kasus pertama, KPK menetapkan Markus sebagai tersangka karena diduga merintangi proses penyidikan kasus dugaan korupsi e-KTP serta kasus dugaan pemberian kesaksian palsu yang menjerat Miryam S Haryani. Pada kasus kedua, Markus disangka menerima suap untuk memuluskan anggaran perpanjangan proyek e-KTP tahun 2013 di DPR.

KPK menduga Markus menerima Rp 4 miliar dari eks pejabat Kemendagri Sugiharto, yang kini telah jadi terpidana kasus e-KTP. Nama Markus muncul dalam putusan Andi Narogong, yang juga kini telah menjadi terpidana kasus korupsi e-KTP. Markus disebut menerima duit haram dari proyek e-KTP senilai USD 400 ribu.


Simak Juga "Penuhi Panggilan KPK, Ganjar Pranowo Jelaskan Anggaran e-KTP":

[Gambas:Video 20detik]


(haf/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com