detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 16:54 WIB

Pemudik Lewat Tol dan Pelabuhan Merak Diprediksi Naik 10%

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Pemudik Lewat Tol dan Pelabuhan Merak Diprediksi Naik 10% ilustrasi Tol Merak (Foto: Bahtiar Rifai/detikcom)
Serang - Direktorat Lalu Lintas Polda Banten memprediksi peningkatan pemudik menggunakan jalur darat menuju Merak saat mudik Lebaran. Peningkatan terjadi karena adanya akses tol Trans Sumatera.

"Bisa terjadi peningkatan di atas 10 persen. Bukan tidak mungkin karena jalan tol di Sumatera. Jadi tidak menutup kemungkinan adanya peningkatan jumlah pemudik dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Wibowo kepada wartawan di Serang, Banten, Jumat (10/5/2019).

Untuk antisipasi ini, pihaknya sudah koordinasi baik dengan ASDP Merak dan pengelola jalan tol.



Khusus untuk Tol Tangerang-Merang, pihaknya sudah meminta agar diselesaikannya perbaikan jalan di Km 39 sampai Km 53. Harapanya ini selesai pada H-8 agar arus kendaraan dari arah Jakarta lancar.

"Jadi sudah off semua, kita sudah sepakat," ujarnya.

Sementara, hasil koordinasi dengan ASDP Merak, akan ada 66 kapal disediakan untuk arus mudik. Perhari, ada 36 kapal yang dioperasikan agar tak ada kendaraan tersendat menuju pelabuhan.



"Mudah-mudahan cuacanya baik, karena Merak tergantung kapal dan kapal tergantung cuaca. Di Merak lancar, tol nggak ada macet dan kantong parkir," ujarnya.

Untuk pemudik menggunakan kendaraan motor, pihaknya juga akan menyediakan Dermaga 7. Kantong parkir di dermaga ini memiliki kapasitas 13 ribu kendaraan.

"Mudah-mudahan bisa mengurangi kemacetan," pungkasnya.
(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com