detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 14:08 WIB

Wacana Ganjil-Genap di Pelabuhan Merak Hanya Imbauan

M Iqbal - detikNews
Wacana Ganjil-Genap di Pelabuhan Merak Hanya Imbauan Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andir (M Iqbal/detikcom)
Jakarta - Wacana ganjil-genap di Pelabuhan Merak hanya merupakan imbauan dari Kemenhub. Imbauan itu dikeluarkan untuk mengantisipasi kemacetan di dalam ataupun di luar pelabuhan. Terlebih jika kemacetan sampai mengular ke dalam Jalan Tol Merak.

"Tadi kita mendapat penjelasan bahwa implementasi ganjil-genap itu adalah imbauan yang dilakukan. Tapi bagaimanapun bahwa keberangkatan itu mungkin sesuai dengan urutan kedatangan dan masuk pada kantong-kantong parkir sampai mengarah ke kapal," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan di Merak, Jumat (10/5/2019).



Pihaknya berharap imbauan itu dilaksanakan pemudik agar kemacetan tidak terjadi dalam satu waktu atau saat puncak arus mudik. Selain itu, masyarakat diimbau melakukan perjalanan mudik pada pagi atau siang hari. Hal itu guna mengantisipasi penumpukan kendaraan saat malam hingga dini hari.

Selama ini, kebiasaan pemudik di Pelabuhan Merak adalah pergi pada malam hari. Jadi kemacetan kerap terjadi dari malam hingga dini hari.



Untuk itu, pihak kepolisian mengimbau para pemudik tujuan Pulau Sumatera melakukan perjalanan pada pagi hari.

"Itu adalah imbauan-imbauan yang disampaikan mudah-mudahan masyarakat kita menyiapkan perjalanan mereka akan lebih baik," ujarnya.



Simak Juga 'Jalur Darat Diprediksi Jadi Primadona Musim Mudik 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com