detikNews
Senin 06 Mei 2019, 10:38 WIB

KPU Jaktim Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

Ibnu Hariyanto - detikNews
KPU Jaktim Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Foto: KPU Jaktim gelar rekapitulasi suara. (Ibnu-detikcom)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta Timur mengelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019. Suara yang direkapitulasi berasal dari 8.234 TPS di Jakarta Timur.

"Kita mau rapat pleno tingkat kota hari. Karena kita nanti pembukaan dulu, habis seremonial kita siang atau sore kita lanjuti dengan rekap. Rencana siang baru masuk kotak-kotak dari kecamatan ke kita," kata Ketua KPUD Jakarta Timur, Wage Wardhana di Hotel Maxone, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (6/5/2019).

"Kita hari ini 8.234 (TPS) kalau dikali 4 (kotak suara) ya kurang lebih 32 ribu (kotak suara)) lebih," sambungnya.


Wage mengatakan hari ini terlebih dahulu ada 4 kecamatan yang akan dilakukan rekapitulasi suara tingkat kota dari total 10 kecamatan. 4 kecamatan itu yakni Pasar Rebo, Matraman, Cipayung, Ciracas.

"Terus-menerus kita siang kita terima kotak sampai malam kita terima kotaknya. Proses rekapitulasi di kota jalan proses di kecamatan tetap jalan, artinya (tingkat) kecamatan selesai langsung ke (tingkat) kota," kata dia.

Wage menuturkan dalam rekapitulasi juga dihadiri para saksi dari pasangan capres-cawapres baik 01 maupun 02, saksi dari partai politik peserta pemilu, perwakilan KPU, hingga Bawaslu. Wage menargetkan rekapitulasi suara Pemilu 2019 ini bisa selesai paling lambat pada 7 Mei 2019.

"Normalnya sih kita menurut jadwal tanggal 6 dan 7 Mei tapi kalau nanti kita nggak cukup waktunya nanti kita simultan mengambil waktu dari provinsi. Kendala kita, kita TPS terbanyak, Kotamadya yang terpadat se-Indonesia sehingga memerlukan waktu lebih dibanding kabupaten kota lain," sebut Wage.


Rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Jakarta Timur turut dihadiri Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Ady Wibowo, perwakilan KPU DKI Nurdin, Caleg dari Gerinda Dapil DKI Jakarta 1 Habiburokhman dan sejumlah perwakilan partai politik.


Update Real Count Pilpres 2019!:

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com