detikNews
Minggu 05 Mei 2019, 10:55 WIB

30 Tahanan Polresta Palembang Kabur, Kapolda Minta Petugas Jaga Diperiksa

Raja Adil Siregar - detikNews
30 Tahanan Polresta Palembang Kabur, Kapolda Minta Petugas Jaga Diperiksa Foto: Ventilasi kamar mandi Polreta Palembang yang dijebol (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Sebanyak 30 tahanan kasus narkoba di sel Polresta Palembang kabur dini hari tadi. Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Zulkarnain meminta petugas piket saat tahanan kabur diperiksa.

"Saya udah perintahkan membentuk tim. Pertama untuk pengejaran dan kedua ya, mencari apakah kesalahan, keterlibatan, kelalaiannya petugas jaga," ujar Kapolda, ketika dikonfirmasi, Minggu (15/5/2019).


Zulkarnain menyebut 30 tahanan kabur mayoritas sudah pemberkasan di pihak Kejaksaan. Mereka adalah tahanan dari kasus narkoba yang ditangani di jajaran Polresta dan Polsek.

"Itu yang kabur sudah penyidikan pada jaksa. Bagaimanapun itu adalah utang, polisi ada utang dan harus cari mereka sampai dapat semua. Saya nggak tahu apakah udah ada yang ditangkap atau belum," kata Kapolda.

"Saya lihat ada kelalaian, ada kunci sel tidak rusak. Padahal pintu lainnya saja dijebol, periksa ini bila terlibat langsung pecat, saya sudah rekomendasikan itu sama Kapolresta. Ini risiko Kapolresta dan risiko saya juga," tegas Zulkarnain.


Untuk diketahui, tahanan kasus narkoba di sel Polresta kabur dini hari tadi sekitar Pukul 02.00 WIB. Tahanan kabur dengan menjebol ventilasi dan keluar lewat pintu utama.

Tahanan yang kabur berasal dari 3 ruang tahanan yang berbeda. Tetapi seluruhnya diketahui tahanan kasus narkoba.
(ras/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com