detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 18:27 WIB

Jalan HM Joyomartono Depan BTC Bekasi Bolong-bolong

Isal Mawardi - detikNews
Jalan HM Joyomartono Depan BTC Bekasi Bolong-bolong Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Hujan yang mengguyur Bekasi beberapa minggu terakhir ini mengakibatkan kondisi Jalan HM Joyomartono rusak parah. Jalan tersebut berlubang dan bergelombang.

Pantauan detikcom, Kamis (2/5/2019), kondisi jalan rusak berada tepat di depan Bekasi Trade Center (BTC). Kerusakan terjadi di sepanjang 200 meter.

Terdapat lubang di beberapa titik di ruas jalan tersebut. Kedalaman lubang sekitar 20 cm menjadi kubangan air saat diguyur hujan.

Kendaraan yang melintas harus memelankan laju kendaraan. Akibatnya, antrean kendaraan mengular hingga 100 meter.

Selain itu, kerusakan terjadi di Jalan Chairil Anwar. Kerusakan terjadi tepat di SMPN 2 Kota Bekasi. Jalan HM Joyomartono dan Jalan Chairil Anwar merupakan Jalan penghubung antara Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi.




Segera Diperbaiki


Kepala Seksi Penanganan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Idi Susanto mengatakan pihaknya segera memperbaiki jalan tersebut. Pihaknya juga melakukan survei lokasi.

"Rencana Senin mau mulai (penambalan), jadwalnya Senin (6/5). Kita juga sudah survei kemarin buat antisipasinya," ujar Idi saat dimintai konfirmasi, Kamis (2/5/2019).

Idi memastikan semua jalan berlubang, baik di Jalan HM Joyomartono maupun di Jalan Chairil Anwar, akan diperbaiki. Idi menyebut rusaknya saluran air di kedua jalan penghubung Kota dan Kabupaten Bekasi itu menyebabkan jalan berlubang.

Saluran drainase yang rusak menyebabkan air merembes ke jalan. Hal itu membuat aspal berlubang dan terkelupas.

"Iya, kan saluran (penyebab kerusakan), jalan aspal jadi kena air. Apalagi salurannya pada rusak jadinya air ke jalan kita. Kemarin sih yang di Chairil Anwar sudah kita benerin salurannya, sudah dinormalisasi di (depan) SMPN 2 Kota Bekasi. Kalau di (Jalan) Joyomartono itu lagi lelang (perbaikan) salurannya," ujar Idi.

Menurut Idi, saluran air harus segera diperbaiki agar jalan tidak rusak melulu. Idi menyebut Pemkot Bekasi telah menggelontorkan dana Rp 200 juta untuk perbaikan Jalan HM Joyomartono dan Jalan Chairil Anwar.

Idi menambahkan pihaknya juga telah mengusulkan anggaran khusus untuk perawatan. Namun anggaran yang ada disebutnya tidak cukup.

"Kita ngusulin di atas Rp 100 miliaran, (tetapi) yang di-acc cuma sedikit, cuma Rp 11 miliar. Nggak cukuplah biaya perawatan," tuturnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com