detikNews
Rabu 01 Mei 2019, 12:36 WIB

BJ Habibie dan Tokoh Suluh Kebangsaan Gelar Silaturahmi dan Sarasehan

Matius Alfons - detikNews
BJ Habibie dan Tokoh Suluh Kebangsaan Gelar Silaturahmi dan Sarasehan Foto: Silaturahmi dan sarasehan di kediaman BJ Habibie (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menggelar sarasehan dan silaturahmi di kediamannya. Acara ini dihadiri tokoh-tokoh suluh kebangsaan.

Pantauan detikcom di kediaman B.J Habibie, Setiabudi, Jakarta Selatan, tokoh tokoh mulai berdatangan pada pukul 10.50 WIB. Terlihat Mahfud MD, Dahlan Iskan, Alissa Wahid, Salahuddin Wahid, Sinta Nuriyah Wahid, Quraish Shihab dan tokoh lainnya.

Mereka terlihat berbincang bersama di ruangan perpustakaan soal hal-hal yang berkaitan dengan kebangsaan. Salah satu hal yang dipaparkan Habibie, yaitu terkait Pancasila dan generasi bangsa.


"Dari semula saya menyadari tidak cukup hanya merdeka tapi juga harus diberikan kebebasan, itu harus datang dari generasi peralihan, generasi peralihan adalah generasi yang dekat dengan generasi pembangun, yang membentuk UUD 1945 dan juga dekat dengan generasi penerus, kita bersyukur yang mimpin sekarang generasi penerus," jelas Habibie di hadapan para tokoh.

Selain itu, Habibie juga memaparkan soal Pancasila dan Islam. Dirinya sempat ditanya oleh seseorang soal kaitan Pancasila dan Islam.


Kemudian Habibie menjelaskan Tuhan menciptakan manusia untuk berpikir. Menurutnya manusia sudah diciptakan dengan akal dan budi.

"Saya jawab ada satu yang berkuasa di satu alam semesta itu Tuhan Yang Maha Esa, itu satu, satu yang berkuasa, dan Tuhan itu menciptakan satu makhluk yang diciptakan yang bisa berpikir, menganalisa dan ambil kesimpulan dan bekerja, makhluk itu namanya manusia, tapi tidak ada Tuhan mengatakan 'lu ini, lu ini', tidak ada itu," jelasnya.

Acara silaturahmi dan sarasehan antara tokoh-tokoh ini masih berlangsung hingga saat ini. Mereka membahas hal-hal terkait situasi kebangsaan.


Tonton juga video May Day, Buruh di Jabar Gelar Long March ke Gedung Sate :

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed