detikNews
Senin 29 April 2019, 10:09 WIB

Pemkot Larang Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' Tayang di Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Pemkot Larang Film Kucumbu Tubuh Indahku Tayang di Palembang Promo film 'Kucumbu Tubuh Indahku' (Dok. Garin Nugroho)
Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melarang bioskop-bioskop di Palembang menayangkan film 'Kucumbu Tubuh Indahku'. Film itu dinilai tak sesuai dan bertentangan dengan norma agama.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa pun membenarkan kabar tersebut. Dewa menilai film yang disutradarai oleh Garin Nugroho itu mengandung nilai-nilai negatif bagi generasi muda.


"Kalau dilihat dari cuplikannya saja, film itu mengandung nilai negatif dan dapat mempengaruhi generasi muda. Ini tidak layak," terang Ratu Dewa setelah menonton trailer film tersebut, Senin (29/4/2019).

Atas keberatan itu, Ratu Dewa langsung melayangkan surat keberatan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Palembang. Dia meminta tidak ada penayangan film yang dianggap sudah mempertontonkan perilaku seks menyimpang.


Tak hanya itu, Ratu Dewa mengaku telah mencatat poin-poin yang menjadi dasar keberatan. Bahkan Dewa meminta semua bioskop mematuhi aturan terhadap penyiaran film yang tidak layak tayang.

"Ini nanti akan berdampak pada generasi milenial dan membenarkan perilaku seks menyimpang. Ada penyimpangan perilaku seksual dan saya segera layangkan surat keberatan ke KPI Palembang," tegas Ratu Dewa.


Sebelumnya, beberapa daerah pun telah melarang penayangan film 'Kucumbu Tubuh Indahku', baik di Depok maupun Pontianak. Alasannya tidak jauh berbeda, yaitu soal mempertontonkan adegan penyimpangan seksual.
(ras/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed