detikNews
Jumat 26 April 2019, 18:16 WIB

Polisi Soroti Pasar Tumpah di Jalur Mudik Selatan Jabar-Jateng

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi Soroti Pasar Tumpah di Jalur Mudik Selatan Jabar-Jateng Kakorlantas Polri, Irjen (Pol) Refdi Andri (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri meninjau jalur-jalur favorit pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah. Ia menyoroti adanya pasar tumpah di wilayah Jalur Selatan yang berpotensi membuat kemacetan saat musim mudik lebaran tiba.

"Tadi memang ada beberapa titik yang jadi perhatian kita, yang pertama adalah Pasar Lewo (Garut) di mana pasar itu kiri kanan sama seperti yang kita lihat di Brebes kiri kanannya dan jalan sempit, banyak tikungan, tanjakan, turunan itu jadi perhatian kita," kata Refdi kepada wartawan di Jalan Raya Lingkar Nagrek, Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/4/2019).

Refdi bersama jajaran Korlantas Polri sebelumnya meninjau ruas jalur mudik dari arah Tegal menuju jalur Selatan melewati. Tasikmalaya, Garut, Bandung dan kembali ke Jakarta. Refdi menyoroti pasar tumpah yang ada di sepanjang jalur itu.



"Karena bagaimanapun pada saat itu akan terjadi persoalan-persoalan. Disamping kepadatan orang berbelanja juga kepadatan arus yang bergerak dari Jawa Barat ke Jawa Tengah," ungkap Refdi.

Selain Pasar Lewo di Garut, ia menyebut ada pasar-pasar lainya yang berpotensi membuat macat karena para pedangan berjualan menggunakam bahu jalan. Pasar Limbangan di Kabupaten Garut juga tak lepas dari sorotan Kakorlantas itu.

"Ada beberapa hal yang berbeda seperti yang disampaikan tadi. Satu tahun yang lalu pasar itu menjadi area dan kawasan parkir, tetapi sekarang untuk memaksimalkan pasar itu terjadi pelebaran (jalan)," kata Refdi.

Di Pasar Limbangan sendiri para pedagang mulai beraktifitas pukul 05.00 hingga 11.00 WIB. Namun, pada bulan puasa para pedagang berjualan hingga sore hari.

Selain Pasar Limbangan dan Pasar Lewo, Refdi juga menyoroti Pasar Desa Linggapura Brebes. Jalur di pasar tersebut biasa digunakan pemudik dari arah Brebes menuju Purwokerto maupun sebaliknya.

Karena rentan terjadi kemacetan saat mudik, Refdi juga sempat bersosialisasi dengan para pedagang di sana. Ia mengimbau para pedagang agar tida berjualan di bahu jalan saat musim lebaran tiba.

"Inilah yang perlu kita lakukan antisipasi dengan perkuatan-perkuatan tentu dengan keberadaan anggota kita, dengan semua kekuatan dan elemen masyarakat yang kita libatkan saya kira mampu mengatur pergerakan kendaraan, orang dan barang disekitar pasar itu," kata Refdi.

Diketahui, Refdi bersama jajaran Korlantas Polri telah selesai meninjau jalur mudik. Jalur mudik yang ditinjau ialah jalur Jakarta, Kalimalang, Bekasi, Pantura hingga Cirebon pada Kamis (25/4) lalu. Pada hari ini, Korlantas Polri melanjutkan peninjauan ruas arus mudik dari arah selatan yakni Cirebon, Brebes, Purwokerto, Banjar, Tasikmalaya, Bandung dan kembali ke Jakarta.


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed