detikNews
Jumat 26 April 2019, 17:22 WIB

Pemerintah Waspadai Macet di Tol Cikampek dan Tol Lampung Saat Mudik 2019

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Pemerintah Waspadai Macet di Tol Cikampek dan Tol Lampung Saat Mudik 2019 Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Kantor Staf Presiden menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas persiapan mudik Lebaran 2019. Pemerintah mengantisipasi beberapa wilayah yang diperkirakan akan menjadi titik kemacetan parah, seperti di ruas Jalan Tol Cikampek.

"Hari ini kita rakor lintas kementerian dan lembaga untuk membahas kelancaran (mudik Lebaran 2019), keamanan, baik darat, laut, maupun udara," ujar Kepala Staf Presiden (Moeldoko) seusai rakor di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).


Pihak terkait yang hadir dalam rakor tersebut di antaranya Menkominfo Rudiantara, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, hingga Asops Kapolri Rudy Sufahriadi. Terkait kelancaran mudik Lebaran 2019, rakor juga membahas evaluasi dari penyelenggaraan mudik sebelumnya.

"Perjalanan Lebaran tahun ini diharapkan jauh lebih baik dari tahun yang sebelumnya. Namun ada beberapa titik krusial yang harus diwaspadai. Beberapa di antaranya adalah Jalan Tol Cikampek," kata Moeldoko.

Menurut Moeldoko, jika ruas Jalan Tol Cikampek tidak dipersiapkan dengan baik mulai sekarang, akan terjadi kemacetan yang sangat parah saat masa mudik nanti.


"Tapi kita sudah mulai menata saat ini, yaitu akan membuka akses di sebelahnya. One way, tapi tidak seutuhnya. Dan bangunan di sana, itu yang menjadi handicap itu akan ditata dengan baik," ungkapnya.

Yang juga dipandang krusial pada mudik Lebaran tahun ini adalah jalur mudik di wilayah Sumatera. Pemerintah sudah mengantisipasi kemacetan di pintu keluar Jalan Tol Lampung.
"Berikutnya yang krusial lainnya adalah kemungkinan yang di Sumatera, itu juga sudah diwaspadai, itu Tol Lampung. Mungkin nanti exit-nya itu akan ada kemacetan. Itu harus kita waspadai," imbuh Moeldoko.

(nvl/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +