detikNews
Jumat 26 April 2019, 11:45 WIB

Kakorlantas Imbau Pemudik Tak Lewati Jalur Ajibarang-Bumiayu, Ini Alasannya

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kakorlantas Imbau Pemudik Tak Lewati Jalur Ajibarang-Bumiayu, Ini Alasannya Kakorlantas Polri Irjen Refdi (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Banyumas - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri meninjau jalur mudik dari arah Ajibarang ke Bumiayu, Jawa Tengah. Refdi menyarankan agar pemudik menghindari ruas jalan itu.

"Imbauan bagi pengendara, menurut pendapat saya, kalau ada yang bergerak dari Jawa Barat ke Jawa Tengah, silakan telusuri jalur Pantura sampai ke Jawa Tengah sehingga bisa masuk Pekalongan, Batang, Semarang, Kendal, Demak, Pati, Rembang, sampai sana lah," kata Refdi kepada wartawan di rest area Jalan Raya Ajibarang-Bumiayu, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (26/4/2019).


Refdi bersama rombongan Korlantas memulai perjalanan dari Tegal menuju Pasar Desa Linggapura, Brebes, Jawa Tengah. Saat rombongan mengarah ke Purwokerto, rombongan terhambat karena jalan yang macet di sepanjang jalan Pasar Desa Linggapura menuju Ajibarang.


Refdi menyebut kemacetan itu terpantau dari arah Tegal ke Ajibarang. Untuk itu, dia menyarankan masyarakat agar menghindari jalur alternatif tersebut.

"Yang bergerak dari Jawa Barat sudah lebih baik menelusuri Jalur Selatan, sebaiknya tetap di Jalur Selatan. Tidak melintas di Jalan Bumiayu-Ajibarang ini," ungkap Refdi.

Menurut Refdi, kepadatan lalu lintas di lokasi tersebut disebabkan oleh adanya proses perbaikan jalan hingga pasar tumpah. Dia pun mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan jual-beli yang dapat mengganggu lalu lintas.

"Karena pergerakan-pergerakan dari yang kita lihat dari Tegal ke Ajibarang dan sebaliknya itulah yang terhambat karena beberapa titik mengalami perbaikan. Belum lagi pasar-pasar tumpah, tadi kita juga berhenti di pasar Linggapura," ujar Refdi.

"Keadaannya juga demikian, ada semacam pemahaman bagi masyarakat setempat, bagi siapa pun yang melakukan jual-beli, termasuk pengguna jalan dan petugas lapangan. Ini yang menjadi harapan kita dan mudah-mudahan beberapa waktu ke depan tidak ada lagi yang melintas di sini atau berkurang yang melintas di Bumiayu dan Ajibarang, kendaraan-kendaraan tiga sumbu ke atas utamanya," sambung Refdi.

Korlantas Polri juga memastikan jalur mudik dari arah Ajibarang ke Bumiayu, Jawa Tengah maupun sebaliknya yang saat ini sedang diperbaiki akan segera rampung. Bagi pemudik yang ingin melalui ruas jalan itu saat mudik dipastikan tidak akan terganggu akibat perbaikan jalan tersebut.

"Pada saatnya nanti (ruas Ajibarang-Bumiayu) itu bisa dimanfaatkan dan bisa dilintasi untuk semua kendaraan pada saatnya. Tadi sudah dikatakan akan dihentikan pekerjaan (perbaikan jalan) itu ditanggal 22 bulan Mei," kata Refdi.

Memang saat ini jalur tersebut sedang diperbaiki. Jalur itu juga rawan akan kemacetan saat musim mudik tiba.

"Dihentikan pekerjaan itu artinya kendaraan yang melintas diruas jalan itu juga bisa dilewati kiri dan kananya, sudah bisa dimanfaatkan," ungkap Refdi.


Kabid Perservasi Balai Tujuh Semarang, Bina Marga PU, Amiruddin, yang ikut dalam rombongan Korlantas Polri, memastikan perbaikan jalan dari Bumiayu-Ajibarang akan rampung sebelum hari raya Idul Fitri. Proses perbaikan jalan akan dilanjutkan setelah Lebaran.

"Jadi tadi itu target 1,8 kilometer yang rencana kita kerjakan sebelum Lebaran 1,6 kilometer. Yang 400 sudah ada, jadi tinggal 200 meter. Nanti setelah itu kita pindah (perbaikan jalur) sebelah jadi sebelum H-10 sudah tuntas, sudah bisa dilewati dua arah. Jadi setelah Lebaran akan kita lanjutkan sekitar 1,2 kilometer," kata Amiruddin.

Setelah meninjau jalur tersebut, Refdi bersama jajaran melanjutkan perjalanan meninjau jalur mudik Purwokerto, Banjar, Tasikmalaya, hingga Bandung, dan kembali ke Jakarta. Sebelumnya, Korlantas Polri sudah meninjau jalur mudik dari Jakarta, Kalimalang, Bekasi, jalur Pantura, hingga Cirebon dan Tegal.


Simak Juga 'Tol Japek Rawan Macet Arus Mudik, Rekayasa Lalin Diterapkan':

[Gambas:Video 20detik]


(sam/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed