DetikNews
Kamis 25 April 2019, 23:07 WIB

Bendung Katulampa Siaga I, Warga Jakarta Diimbau Waspadai Banjir

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Bendung Katulampa Siaga I, Warga Jakarta Diimbau Waspadai Banjir Foto: Dok. BPBD DKI
Jakarta - Status Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, meningkat menjadi siaga I pada pukul 22.50 WIB dengan tinggi muka air (TMA) 250 cm. Warga Jakarta, terutama yang tinggal di sekitar aliran kali, diimbau waspada akan datangnya banjir.

Informasi mengenai Katulampa berstatus siaga I disampaikan oleh akun Twitter resmi BPBD DKI Jakarta @BPBDJakarta pada Kamis (25/4/2019). Air diprediksi akan tiba di Pintu Air Manggarai dalam waktu ± 6-9 jam ke depan.

"Pukul 22.50 WIB. #TinggiMukaAir di Bendung Katulampa 250 cm (Siaga 1), #Cuaca Hujan. #PeringatanDiniJKT : Waspada aliran sungai ciliwung," tulis akun Twitter tersebut.


Informasi dari Twitter BPBD DKI disertai foto soal data kenaikan air di Bendung Katulampa. Di foto itu, informasinya dalam waktu 6-9 jam ke depan, air akan sampai di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan.

BPBD juga telah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi banjir tersebut. BPBD telah menginformasikan status siaga I ini kepada seluruh warga dan pejabat pemerintahan setempat melalui media sosial dan website hingga pesan elektronik.

"Pemberitahuan Kepada Camat & Lurah Melalui Group Whatsapp Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta," tulis akun @BPBDJakarta.

Berikut wilayah yang akan dilalui aliran air dari Bendung Katulampa:

- Srengseng Sawah
- Tanjung Barat
- Rawajati
- Pengadegan
- Cikoko
- Pejaten Timur
- Kebon Baru
- Bukit Duri
- Balekambang
- Cililitan
- Cawang
- Bidara Cina
- Kampung Melayu
- Manggarai
(mae/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed