DetikNews
Selasa 23 April 2019, 19:59 WIB

Ikuti Update Real Count KPU di detikcom!

Tim detikcom - detikNews
Ikuti Update Real Count KPU di detikcom! Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Jakarta - Penghitungan suara Pemilu 2019 terus dilakukan oleh KPU. Data dari Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU, yang juga kerap disebut sebagai 'Real Count KPU', juga dapat diikuti di detikcom.

Data terbaru real count KPU dapat disimak di detikPemilu. Cukup buka laman https://www.detik.com/pemilu/hitung-suara-kpu dan Anda dapat mengetahui perolehan suara sementara dari Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Terkait real count KPU atau Situng di situs KPU ini, Ketua KPU Arief Budiman sebelumnya menuturkan hasil penghitungan suara yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan dimasukkan ke formulir C1. Kemudian, formulir itu dimasukkan ke Situng oleh KPU kabupaten/kota untuk dipublikasikan.

"KPPS-KPPS sudah selesai menghitung, lalu memasukkan formulir C1, kemudian formulir C1 yang dikirim ke KPU kabupaten/kota, lalu di-scan masuk ke dalam server kita dan dipublikasikan, itu Situng," ujar Arief.



Di dalam situs Situng ini, KPU menjelaskan data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara merupakan data berdasarkan angka yang tercantum dalam salinan formulir C1 sebagai hasil penghitungan suara di TPS. Jika terdapat perbedaan antara angka yang tertulis dengan angka yang tercantum dalam salinan Formulir C1, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

KPU juga menyatakan data yang ditampilkan bukan merupakan hasil final, karena hasil akhir penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 akan ditetapkan secara manual melalui rapat rekapitulasi secara berjenjang di setiap tingkatan. Oleh karena itu jika terdapat kesalahan dalam pengisian C1 dapat diusulkan perbaikan pada rapat rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Rekapitulasi akhir KPU secara nasional rencananya akan keluar pada Rabu (22/5). KPU tetap akan menggunakan penghitungan manual berjenjang untuk memutuskan penetapan hasil Pemilu 2019.

Video 'Penghitungan Suara Pilpres 2019' bisa disaksikan di bawah.

[Gambas:Video 20detik]


(imk/fjp)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed