DetikNews
Selasa 23 April 2019, 16:26 WIB

Saksi dari Kemenag Dicecar KPK soal Revisi Surat Pengajuan Pejabat

Haris Fadhil - detikNews
Saksi dari Kemenag Dicecar KPK soal Revisi Surat Pengajuan Pejabat Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK memeriksa dua orang saksi dari Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) terkait dugaan suap Romahurmuziy (Rommy). Kedua saksi ini dicecar soal surat revisi pengajuan nama untuk Kepala Kantor Kemenag Gresik.

"Penyidik mengonfirmasi keterangan saksi terkait proses mutasi di kementerian agama serta mengkonfirmasi barang bukti berupa surat revisi pengajuan nama Kepala Kantor Agama Gresik," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (23/4/2019).

Dua saksi yang diperiksa itu ialah Kepala Bagian Mutasi Setjen Kemenag Sujoko serta Kepala Tata Usaha Pimpinan Biro Umum Setjen Kemenag Khoirul Huda Basyir Habibullah. Adapun jabatan Kepala Kantor Kemenag Gresik diisi oleh Muhammad Muafaq Wirahadi yang kini menjadi salah satu tersangka di kasus ini.



Muafaq, bersama Haris Hasanuddin (Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur), ditetapkan KPK sebagai tersangka pemberi suap ke Rommy. Keduanya diduga memberi suap agar Rommy membantu proses seleksi jabatan yang diikuti mereka.

Rommy sendiri berposisi sebagai Anggota Komisi XI DPR sekaligus eks Ketum PPP. Total duit yang diduga diterima Rommy dari Muafaq dan Haris berjumlah Rp 300 juta.

Saat ini Rommy sedang dalam proses pembantaran di RS Polri karena keluhan buang air besar berdarah dan masalah kesehatan terkait riwayat operasi batu ginjal yang pernah dijalaninya. Rommy juga telah mengajukan praperadilan melawan KPK.


Saksikan juga video '2 Tersangka Penyuap Rommy Diperiksa KPK':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed