DetikNews
Minggu 21 April 2019, 20:21 WIB

Kawal Rekapitulasi Suara, BPN Siapkan Saksi hingga Tingkat Kecamatan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kawal Rekapitulasi Suara, BPN Siapkan Saksi hingga Tingkat Kecamatan Ahmad Riza Patria (Dwi/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berfokus mengawal rekapitulasi suara Pilpres 2019. BPN juga menyiapkan saksi untuk mengawal proses rekapitulasi suara di setiap kecamatan.

"Mempersiapkan yang hadir pada rapat rekapitulasi di seluruh kecamatan di Indonesia dan kami siapkan pengawalan bagi saksi kami yang hadir di semua kecamatan di seluruh Indonesia," kata Juru Debat BPN, Ahmad Riza Patria, di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (21/4/2019).




Prabowo, dikatakan Riza, selalu meminta seluruh pihak menjaga agar demokrasi tetap berkualitas dan tidak ada kecurangan. Menurut Riza, capres nomor urut 02 itu juga selalu mengimbau agar pendukungnya tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi.

"Pak Prabowo juga menyampaikan bahwa kita minta juga semua masyarakat tenang dan bersyukur atas perolehan suara dan kemenangan dan terus mengawal proses rekapitulasi di kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi sampai tingkat pusat. Dan jangan sampai kita euforia dan kita terpancing dan terprovokasi oleh pihak tertentu yang ingin mengacau," sebutnya.




Riza menegaskan BPN akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) bila ditemukan kecurangan-kecurangan. Politikus Gerindra itu menyebut BPN menemukan sejumlah indikasi kecurangan.

"Ya tentu kami akan melakukan gugatan. Semua kecurangan sudah kami laporkan ke Bawaslu," kata dia.

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, menemui Sandiaga Uno untuk mengkoordinasikan pengumpulan data C1. Dahnil ditemani Direktur Materi dan Debat BPN menyambangi kediaman Sandiaga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Yang jelas kami koordinasi terus-menerus. Pak Prabowo tadi juga ke Kertanegara untuk mengecek perkembangan C1. Bang Sandi juga. Hari ini kami update lagi perkembangan C1 yang sudah dikumpulkan oleh para relawan," ujar Dahnil di kediaman Sandiaga.
(ibh/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed