DetikNews
Minggu 21 April 2019, 19:48 WIB

Banteng Muda Laporkan Hoax 'Mega Akui Prabowo Menang' ke Polri

Mei Amelia R - detikNews
Banteng Muda Laporkan Hoax Mega Akui Prabowo Menang ke Polri William Panjaitan (kiri) dan Ronny Berty Talapessy (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Sayap kanan PDIP, Banteng Muda Indonesia, melaporkan sebuah akun Facebook ke Bareskrim Polri. Akun tersebut diduga menyebarkan hoax seolah-olah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengakui klaim kemenangan Prabowo Subiatno dalam Pilpres 2019.

"Kami sebagai kader merasa keberatan dengan posting-an itu, karena itu sebuah hoax yang seolah-olah Ibu mengakui kemenangan 02," kata Ketua Bidang Hukum Banteng Muda Indonesia (BMI) Ronny Berty Talapessy saat dihubungi detikcom, Minggu (21/4/2019).

Ronny datang ke Bareskrim Polri bersama Direktur LBH BMI William Panjaitan. Ronny mengatakan posting-an hoax itu meresahkan kader-kader PDIP.

"Karena kita tahu Ibu tidak pernah menyampaikan seperti itu, maka kita sampaikan ke polisi," ucapnya.



Postingan hoax seolah Megawati mengakui klaim kemenangan Prabowo.Posting-an hoax seolah Megawati mengakui klaim kemenangan Prabowo. (Foto: dok. Istimewa)


Ronny meminta Polri segera menangkap pelaku. Sebab, menurutnya, jika hal itu dibiarkan, dikhawatirkan akan menjadi bola liar.

"Hal-hal ini harus segera ditindaklanjuti agar tidak jadi pembenaran di masyarakat. Kita sebagai kader PDIP meminta agar aparat polisi segera bertindak, karena klaim mereka ternyata hoax juga, klaim kemenangan mereka juga hoax disertai mencatut nama Ibu Mega," paparnya.

Ronny menyampaikan, posting-an itu telah tersebar viral di media sosial. Posting-an tu mendapatkan reaksi dari ribuan netizen.

"Itu komentarnya sampai 2.000. Sekarang sedang ditindaklanjuti oleh Satgas," sambungnya.

Ronny menambahkan laporan tersebut saat ini sedang ditangani oleh Satgas Cyber Bareskrim Polri.

"Satgas sudah bergerak, sementara kami juga akan melengkapi syarat administrasi (dalam pelaporan)," tuturnya.


(mei/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed