DetikNews
Minggu 21 April 2019, 18:36 WIB

Round-Up

Bola Salju IG Story Erin Taulany: BPN Marah, Pengacara Lapor Polisi

Tim detikcom - detikNews
Bola Salju IG Story Erin Taulany: BPN Marah, Pengacara Lapor Polisi Foto: Instagram erintaulany
Jakarta - Instagram (IG) Story Reinwartia Trygina atau Erin Taulany, istri selebritis Andre Taulany, jadi kontroversi. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno marah kepada Erin. Sementara itu, ada seorang pengacara yang melaporkannya ke polisi.

Erin mem-posting foto Prabowo Subianto di IG Story-nya. Unggahan foto itu disertai kata-kata yang dianggap menghina.

"Kasihan jadi gila terambisi jadi presiden gak kesampaian," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebut tulisan di posting-an Erin.


Ada empat Stories yang dibuat oleh Erin. Pada Stories yang pertama, dengan memampang foto Prabowo sedang pidato, Erin menuliskan kata-kata 'Kasian tambah sakit Jiwa Haluuu' lengkap dengan emoticon tertawa. Kedua, Erin menyematkan stiker yang menunjukkan simbol jempol dan telunjuk yang sering kali dipakai oleh para pendukung Prabowo. Pada posting-an itu, Erin menuliskan kata 'Loser'.

Belum selesai, Erin mem-posting foto Prabowo yang berdiri di depan para pendukungnya saat syukuran atas klaim kemenangannya dan menuliskan kata 'Sinting'. Terakhir, masih dengan foto di acara yang sama, ibu anak tiga itu menuliskan 'Kasian jadi Gila krn ambisi pingin jadi President gak kesampean!!!'.

Posting-an itu membuat Erin Taulany banyak mendapat protes. Erin maupun Andre Taulany belum ada yang memberikan klarifikasi, begitu juga saat dihubungi, tidak ada satu pun yang merespons, termasuk sang manajer.


Akibat tindakannya itu, kolom Instagram Erin ramai dipenuhi komentar oleh netizen. Di Twitter, hashtag #ErintaulanySakitJiwa sempat menjadi trending topic.

Andre Rosiade.Andre Rosiade (Zhacky/detikcom)

BPN juga bereaksi. Jubir BPN Andre Rosiade marah atas tulisan Erin.

"Ya menurut saya, ya kalau kita membaca Insta Story istri si Andre Taulany, memang keterlaluan. Ya melakukan penghinaan yang luar biasa kepada Pak Prabowo. Nggak etis. Sehingga tentu memancing pendukung Pak Prabowo memprotes posting-an tersebut," kata Andre kepada wartawan, Minggu (21/4/2019).

Menurut Andre, tidak pantas seorang public figure mem-posting kata-kata yang menghina seorang calon pemimpin negara. Politikus Gerindra itu pun tak heran jika pendukung Prabowo kemudian marah karena posting-an tersebut.

"Tapi ya patut kita sayangkan, bahwa public figure seperti Erin Taulany melakukan hal seperti itu," katanya.


Kendati demikian, Andre mengatakan baik Prabowo maupun BPN tidak akan mengambil langkah hukum terkait tindakan Erin tersebut. Apalagi, menurutnya, Prabowo pasti telah memaafkan sikap Erin itu.

"Tapi kalau ditanya apakah akan menuntut, nggaklah kalau menuntut. Buang-buang waktu. Tapi masyarakat tentu akan menilai kapasitas seorang Erin Taulany seperti apa. Pak Prabowo juga sudah pasti akan memaafkan yang bersangkutan. Kan bukan tipikal Pak Prabowo marah-marah begitu," tutur Andre.

Andre menyarankan agar Erin melakukan permintaan maaf secara terbuka. Hal itu untuk menyudahi permasalahan yang berpotensi menjadi panjang ini.

LP terhadap Erin.Foto: Laporan terhadap Erin Taulany / ist

Belum juga ada respons dari Erin, sudah ada laporan terhadap dirinya. Pelapornya adalah M Firdaus Oiwobo, yang juga Ketua Ormas Relawan Militan Prabowo. Pengacara yang beberapa kali menangani artis itu memperkarakan pemilik akun Erintaulany pada pagi tadi, Minggu (21/4) di Polda Metro Jaya.


Firdaus menuduh Erin Taulany melakukan pencemaran nama baik melalui media elektronik sebagaimana tertuang dalam laporan yang ia buat.

Polisi akan menindaklanjuti laporan terhadap Erin. Pertama-tama, polisi akan mengklarifikasi M Firdaus Oiwobo selaku pelapor.

"Kita selidiki dulu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (21/4/2019).



Tonton video Istri Andre Taulany Hina Prabowo, BPN Tak akan Tempuh Jalur Hukum:

[Gambas:Video 20detik]


(tor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed