DetikNews
Kamis 18 April 2019, 14:54 WIB

Ihwal Terbongkarnya Aksi Warga Kampar Coblos 20 Surat Suara untuk 02

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Ihwal Terbongkarnya Aksi Warga Kampar Coblos 20 Surat Suara untuk 02 Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Kampar - Warga Kampar, Riau, berinisial M terciduk dugaan mencoblos 20 surat suara untuk capres/cawapres nomor urut 02.

"Awalnya yang mengetahui ini adalah tim kita yang memantau di TPS sehingga kasus ini bisa terbongkar," kata Kepala Divisi dan Informasi Bawaslu Kampar, Edwar kepada detikcom, Kamis (18/4/2019).

Edwar menceritakan, peristiwa coblos 20 kertas suara Pilpres untuk 02 terjadi di TPS 04, Desa Sipungguk Kecamatan Bangkinang, Kampar.





"Nah saat itu, petugas kita di TPD tersebut langsung mengamankan pelaku. Karena petugas kita awalnya curiga mengapa begitu banyak bawa kertas suara yang dicoblosnya," kata Edwar.

Masih menurut Edwar, kertas suara yang dibawa pelaku melebihi dari kertas yang dibawa warga yang mencoblos di lokasi yang sama. Berawal dari kecurigaan petugas Bawaslu Kampar, akhirnya kecurangan ini terbongkar.

"Ini yang membuat kita merasa aneh, mengapa petugas KPPS tidak mengetahui hal itu. Mengapa mereka biarkan ada warga mencoblos bawa kertas suara yang banyak," kata Edwar.

Menurut Edwar, pihaknya bersama tim Sentra Gakkumdu masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada pelaku dan 4 anggota KPPS. Ini untuk mengetahui dari mana pelaku mendapatkan kertas suara tersebut.

"Ini masih kita dalami, apakah ada keterlibatan petugas KPPS dalam kasus ini apa tidak. Belum bisa kita simpulkan, masih proses klarifikasi semuanya," ujar Edwar.


Saksikan juga video 'BPN Sebut Ada Surat Suara Tercoblos 01 di Sejumlah TPS':

[Gambas:Video 20detik]


(cha/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed