DetikNews
Kamis 18 April 2019, 02:30 WIB

KPU Sebut Antusiasme Pemilih di Pemilu 2019 Tinggi

Dwi Andayani - detikNews
KPU Sebut Antusiasme Pemilih di Pemilu 2019 Tinggi Ketua KPU Arief Budiman (tengah). (Azizah-detikcom)
Jakarta - KPU menyebut antusiasme pemilih di Pemilu 2019 tinggi. KPU berharap angka partisipasi Pemilu kali ini mampu melampaui target 77,5%.

"Jumlah pemilih menggunakan hak pilih, berdasarkan pengamatan pada beberapa TPS terlihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Diharapkan partisipasi mampu mencapai target yang ditetapkan KPU sebesar 77,5%," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan Jakarta, Kamis (18/4/2019).


Arief menyebut data partisipasi pemilih di luar negeri mencapai 65 persen. Namun, dia menyebut jumlah ini baru berdasarkan laporan 67 Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN).

"Partisipasi pemilih di luar negeri itu sudah mencapai di atas 65 persen. Tapi laporan ini baru berasal dari 67 PPLN, dari total 130 PPLN yang kita bentuk untuk menjalankan pemilu," kata Arief.


Arief mengatakan pihaknya meminta maaf bila terdapat hal yang kurang berkenan, selain itu dia juga menyampaikan terima kasih kepada petugas yang bekerja. Namun, Arief meyakinkan bahwa seluruh penyelenggara pemilu bersifat profesional dan menjaga integritas.

"Kami ingin menyampaikan permohonan maaf, apabila selama proses penyelenggaraan Pemilu sampai dengan hari ini yang nanti akan masih kita terus lanjutkan. Apabila hal-hal ada yang kurang berkenan selama proses penyelenggaraan Pemilu sampai dengan tanggal 17 April 2019," kata Arief.

"Penyelenggara Pemilu KPU beserta jajarannya KPU provinsi, kabupaten/kota PPK, PPSS dan KPPS memegang teguh prinsip-prinsip penyelenggara pemilu yang terus bekerja terbuka atau transparan berintegritas profesional dan tetap menjaga independensinya," sambungnya.


Saksikan juga video 'KPU Buka Suara Usai Banyak Masyarakat Pertanyakan Hasil Quick Count':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed