DetikNews
Selasa 16 April 2019, 16:43 WIB

Puluhan Ribu Surat Suara Sudah Terdistribusi ke Nusa Penida Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
Puluhan Ribu Surat Suara Sudah Terdistribusi ke Nusa Penida Bali Distribusi logistik Pemilu 2019 ke Nusa Penida dan Lembongan, Klungkung, Bali. (Foto: Dok. Polres Klungkung)
Padangbai - Pendistribusian logistik Pemilu 2019 ke Nusa Penida dan Lembongan, Klungkung, Bali, sudah selesai. Pengiriman logistik pemilu yang dilakukan via laut ini dikawal ketat polisi.

"Untuk Nusa Penida ada 2 trip pengiriman, hari Minggu (14/4) dan Senin (15/4) kemarin, menggunakan 11 truk via Padangbai menuju Pelabuhan Roro Sampalan. Melekat personel pam TPS untuk wilayah Nusa Penida," kata Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana via telepon, Selasa (16/4/2019).


Pengiriman dilakukan dari Padangbai menuju Pelabuhan Roro Sampalan.Pengiriman logistik Pemilu 2019 ke Nusa Penida dan Lembongan dilakukan dari Padangbai menuju Pelabuhan Roro Sampalan. (Foto: Dok. Polres Klungkung)


Sudana menyebut pendistribusian itu dilakukan selama dua hari. Sedangkan untuk pengiriman kotak suara dari gudang logistik di GOR Swecapura, Klungkung, menuju Pelabuhan Padangbai menggunakan 11 truk.

"Dari Nusa Penida ke Lembongan menggunakan kapal jukung yang disewa pihak KPU dan pengawalan personel Polri didampingi pihak KPU dan Bawaslu," terangnya.

Total ada 908 kotak suara, 760 bilik suara, dan 47.057 surat suara masing-masing dari surat suara pilpres hingga DPRD provinsi/kabupaten yang telah didistribusikan. Pendistribusian logistik pemilu itu juga dilapisi plastik agar tak kena air laut.




"Dari KPU sendiri sudah diantisipasi, diarahkan kalau di laut perlakuan sama, memang dilengkapi sama bungkus plastiknya untuk masing-masing kotak, dan untuk surat suara itu dimasukkan di dalam kotak," jelasnya.

Sudana menambahkan pihaknya siap mengamankan setiap TPS di Klungkung selama Pemilu 2019 besok. Ada ratusan polisi, termasuk BKO dari Polda Bali, yang dikerahkan untuk pengamanan di Klungkung.

"Kalau kita untuk pengamanan di TPS-TPS itu kita total melibatkan 538 personel, tapi di luar itu juga kita libatkan personel yang satgas, ada 150 unit di luar dari yang 538," jelasnya.




Dia menambahkan, sesuai arahan Kapolda Bali Irjen Petrus Reindhard Golose, polisi tidak akan mengizinkan konvoi kemenangan sebelum adanya pengumuman resmi pemenang pemilu dari KPU. Dia juga memastikan bakal berpatroli di titik-titik rawan keamanan.

"Untuk imbauan itu serentak diteruskan ke seluruh jajaran, yang ada konvoi sebelum ada penghitungan suara dari KPU dilarang. Di luar perkantoran, Bawaslu dan KPU kita tetap lakukan penjajakan di samping itu ada satgas yang melakukan penindakan di luar itu," tegasnya.


Simak Juga '5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya':

[Gambas:Video 20detik]


(ams/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed