DetikNews
Selasa 16 April 2019, 11:50 WIB

Caleg DPRD Lotim Tertangkap Tangan Bagi-bagi Uang Jelang Pencoblosan

Mei Amelia R - detikNews
Caleg DPRD Lotim Tertangkap Tangan Bagi-bagi Uang Jelang Pencoblosan Foto: dok.istimewa
Lombok Timur - Seorang caleg DPRD Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dari PKS berinisial MAA diduga melakukan politik jelang pencoblosan. Di masa tenang, dia malah berkampanye sambil membagi-bagikan uang kepada konsituen di dapilnya.

Kasat Reskrim Polres Lombok Timur AKP Yogi mengatakan, MAA diamankan pada Senin (15/4/2019) malam. Saat itu, dia sedang membagikan amplop berisi uang kepada warga di Dusun Dasan Gedang Lauk, Desa Denggen Timur, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur.

"Jadi ada masyarakat yang melaporkan kepada Panwascam, kemudian Panwascam menghubungi kami dan selanjutnya kami turun ke TKP dan mengamankan yang bersangkutan dan saat itu memang sedang membagikan amplop, alasannya uang untuk snack," jelas AKP Yogi saat dihubungi detikcom, Selasa (16/4/2019).

Yogi mengatakan, pihaknya mengamankan barang bukti berupa amplop putih berisi stiker yang berisi wajah si caleg dan uang Rp 25 ribu. Selanjutnya, polisi menyerahkan MAA ke Bawaslu.



"Penanganannya di Bawaslu, nanti Bawaslu yang memproses," katanya.

Yogi mengatakan, MAA datang ke TKP yang memang dapil dia. Di sana, dia tidak mengenal warga satu pun.

"Di situ dia hanya kenal satu masyarakat. Dia seharusnya tahu ini H-3 masa tenang, lah semalam dengan pedenya dia mengumpulkan orang dan kemudian membagi-bagikan uang," katanya.

Seorang warga sempat memvideokan ketika caleg tersebut membagikan amplop kepada warga. MAA mengakui bahwa dia telah membagikan uang kepada 14 warga di Dusun Dasan Gadang Daya dan Dusun Gadang Lauk.



Saksikan juga video 'Masih Kuat Kah Politik Uang di Pemilu 2019?':

[Gambas:Video 20detik]


(mei/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed