DetikNews
Senin 15 April 2019, 16:33 WIB

Kapolda dan Pangdam Udayana Jamin Keamanan Pemilu di Bali

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kapolda dan Pangdam Udayana Jamin Keamanan Pemilu di Bali Kapolda Bali Irjen Reinhard Golose bersama Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto/Foto: Aditya Mardiastuti-detikcom
Denpasar - Pelaksanaan Pemilu serentak tinggal menghitung hari. Kapolda Bali Irjen Reinhard Golose dan Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto memastikan pelaksanaan Pemilu di Bali aman.

"Kalau dari kami saya dan Pangdam Udayana kami jamin keamanan di Bali ini. Saya bersama beliau sudah menyiapkan pasukan cadangan," kata Golose mengikuti video conference Rakor Konsolidasi seluruh jajaran menghadapi Pemilu 2019 di Mapolda Bali, Jl WR Supratman, Denpasar, Bali, Senin (15/4/2019).

Golose mengatakan pihaknya sudah memetakan peta kerawanan di Pulau Bali. Ada salah daerah yang dinilainya rawan tapi dari segi kondisi geografis.





"TPS yang sangat rawan tetapi bukan karena rawan seperti di tempat lain sedikit karena geografis dan heterogenitas di wilayah tersebut. Tetapi dari kacamata saya dan masukan dari intelijen maupun Babinkatimbmas sampai sekarang kami tidak melihat tempat kategori tersebut dalam hal perspektif pengamanan, seperti Bangli itu kesulitan wilayah," ujarnya.

Personel kepolisian bakal melakukan pemantauan selama pelaksanaan pemilu sampai penghitungan suara. Dia memastikan personel tambahan dari Polda sudah didistribusikan ke wilayah-wilayah di seluruh Bali.

"Saya akan melakukan pemantauan pada hari H sampai malam hari sampai dengan junmlah DPT maupun DPTb itu dihitung. Kita akan melakukan pemantauan dan saya sudah pagi ini pasukan bantuan dari polda ke wilayah-wilayah 1600 sudah masuk, kami sudah bergerak, besok mereka langsung masuk di TPS masing-masing," urainya.





"Besok pasukan yang bisa bergeser dari TPS sudah selesai dan digeser ke kecamatan. Sampai sekarang saya dan pangdam kami menjamin bahwa tidak ada apa-apa dan tidak boleh ada perayaan," tegas Golose.

Hal senada juga disampaikan Benny. Benny memastikan antisipasi terkait erupsi Gunung Agung juga sudah masuk hitungannya.

"Baik-baik aja di Bali ini, sampai saat ini aman, dan peta kerawanan dari Bawaslu Bali di luar daerah rawan," ujar Benny.



Tonton video 5 Surat Suara di Pemilu 2019, Yuk Kenali Warna dan Cirinya:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed