DetikNews
Senin 15 April 2019, 16:19 WIB

Kapolda Bali Larang Tim Kampanye Capres Konvoi Kemenangan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kapolda Bali Larang Tim Kampanye Capres Konvoi Kemenangan Kapolda Bali Irjen Reinhard Golose bersama Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto/Foto: Aditya Mardiastuti-detikcom
Denpasar - Kapolda Bali Irjen Reinhard Golose melarang tim kampanye capres-cawapres konvoi usai pemilu. Tujuannya agar Bali tetap kondusif.

"Ada juga imbauan yang penting di Bali, sudah saya sampaikan ke pak gubernur karena beliau pimpinan parpol tidak boleh ada perayaan oleh salah satu pemenang kontestan baik dari 01 atau 02 untuk mendeclare, kami tidak izinkan," kata Golose usai mengikuti Rakor konsolidasi Pemilu 2019 di Mapolda Bali, Jl WR Supratman, Denpasar, Bali, Senin (15/4/2019).

"Tidak boleh ada perayaan misalnya declare dalam bentuk perayaan kemenangan, konvoi, syukuran dan sebagainya. Kami tidak berikan izin, makan masih boleh lah tapi kira-kira yang membawa kerawanan tidak," sambung Golose.





Golose mengingatkan pihaknya tidak akan menolerir para pelanggar aturan ini. Dia juga meminta masing-masing pihak untuk sabar menunggu hasil resmi pemenang Pilpres 2019 yang diumumkan KPU.

"Saya akan bertindak tegas apabila ada yang melakukan itu. Saya tetap sesuai arahan kami menunggu hasil dari KPU itu yang resmi, tapi dari saya sendiri melanjutkan dari pak kapolri tidak boleh ada perayaan, dan kami tidak akan memberikan izin karena kami mengantisipasi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto. Benny mengatakan pihaknya juga sudah mengirimkan pasukan untuk tambahan pengamanan pencoblosan, Rabu (17/4).





"Apa yang disampaikan kapolda itu sebagaimana arahan pimpinan pusat, memang diminta untuk menunda perayaan supaya pengumuman secara resmi pemenang dari yang berwenang dalam hal ini KPU," ujar Benny.

"Untuk TNI diingatkan kekuatan yang disiapkan untuk penebalan dalam rangka untuk pengamanan kepada pihak polri untuk disiagakan penuh, mulai 13 (April) jajaran saya sudah in set, daerah-daerah tertentu yang perlu penebalan sudah kami kirimkan pasukan, ini yang sudah kami siapkan," sambung dia.



Simak Juga 'Ena-ena Mantap Memilih Bareng Om PMR feat Indro Warkop':

(ams/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed