detikNews
Senin 15 April 2019, 16:06 WIB

Tunggu Laporan PPLN, KPU Belum Ambil Keputusan soal Pemilu di Sydney

Arief Ikhsanudin - detikNews
Tunggu Laporan PPLN, KPU Belum Ambil Keputusan soal Pemilu di Sydney Foto: Suasana Pencoblosan Pemilu 2019 di Sydney (PPLN Sydney)
Jakarta - KPU belum mengambil keputusan terkait ada atau tidaknya pemilu ulang di Sydney, Australia, karena banyak masyarakat yang belum terfasilitasi untuk mencoblos. KPU masih menunggu laporan dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

"Jadi kita akan meminta laporan secepatnya, lalu dirumuskan seperti apa menindaklanjutinya," ucap Ketua KPU Arief Budiman kepada wartawan di Kantor Menko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (15/4/2019).



Arief mengaku sudah meminta PPLN untuk berkoordinasi dengan Bawaslu terkait persoalan yang terjadi saat pencoblosan. KPU disebut Arief masih mengkaji terkait langkah yang akan ditentukan selanjutnya.

"Sejak ada berita yang viral di beberapa TPS itu saya sudah minta kepada PPLN agar berkoordinasi dengan Bawaslu dan meneliti apakah ada ketentuan yang tidak sesuai. Nanti, apakah pemilu bisa dilanjutkan atau pemilu susulan," kata Arief.



Menurut Arief, ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait Pemilu 2019 di Sydney mulai dari kesiapan logistik hingga kategori pemilih. "Termasuk kesiapan logistiknya. Apakah (pemilih) seluruhnya masuk, dan lain-lain. Kategori pemilih yang memang memenuhi syarat sebagai pemilih. Dipastikan dulu," ucap Arief.

Sebelumnya diberitakan, puluhan ribu WNI sudah meneken petisi meminta pemungutan suara susulan di Sydney. Petisi itu menyebutkan, dalam pemilu 13 April 2019 yang digelar di Sydney, ratusan warga Indonesia yang mempunyai hak pilih tidak diizinkan melakukan apa yang jadi hak mereka meski telah antre panjang.

Warga Indonesia disebut tidak dapat memilih karena proses yang panjang dan ketidakmampuan PPLN Sydney sehingga menyebabkan antrean tidak berakhir sampai pukul 6 sore waktu setempat. PPLN juga disebut sengaja menutup TPS tepat jam 6 sore, tanpa menghiraukan pemilih yang telah antre.

Terkait hal ini, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Sydney menjelaskan duduk perkaranya. Pencoblosan di Sydney berlangsung pada Sabtu (13/4/2019). Berdasarkan penjelasan yang dimuat di situs https://pemilusydney.org.au, pemungutan suara yang berada di wilayah kerja PPLN Sydney meliputi 4 TPSLN berlokasi di KJRI Sydney, 5 TPSLN berlokasi di Sydney Town Hall, 3 TPSLN berlokasi di Marrickville Community Centre, 3 TPSLN berlokasi di Yagoona Community, 3 TPSLN berlokasi di Good Luck Plaza, 2 TPSLN berlokasi di Sherwood State School-Brisbane, dan 2 TPSLN di Adelaide State Library.

"Hampir semua lokasi adalah gedung yang disewa," demikian keterangan dari PPLN Sydney.


Simak Juga 'Ribut-ribut Pemilu di TPS Sydney, Ada Apa?':

(aik/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com