DetikNews
Minggu 14 April 2019, 05:45 WIB

Antusias Ikut Pemilu, 53 WNI Mencoblos di TPS Dar es Salaam

Eva Safitri - detikNews
Antusias Ikut Pemilu, 53 WNI Mencoblos di TPS Dar es Salaam Foto: Pencoblosan di Dar es Salaam (Dok. KBRI Dar es Salaam)
Dar es Salaam - Sebanyak 53 dari 94 WNI di Dar es Salaam, Tanzania, mencoblos di Pemilu 2019. Meski terhitung tidak banyak, disebutkan mereka antusias menggunakan hak pilihnya.

"Meskipun jumlah WNI yang berada di wilayah cakupan PPLN Dar es Salaam tidak terlalu banyak, namun hal ini tidak menyurutkan antusiasme masyarakat yang ada untuk menggunakan hak pilihnya, seraya berkumpul bersama dengan rekan-rekan WNI lain dan menikmati berbagai hidangan khas Indonesia seperti nasi uduk, lontong, risoles, dan lain-lain," ujar Duta Besar RI untuk Dar es Salaam, Ratlan Pardede dalam keterangan tertulis, Minggu (14/4/2019).


Pencoblosan digelar di Gedung KBRI Dar es Salaam, Sabtu (13/4) pukul 08.00-18.00 waktu setempat. Ratlan serta istri dan keluarganya ikut mencoblos di TPS di Dar es Salaam.

Selain 53 WNI mencoblos di TPS Dar es Salaam, KPPSLN Dar es Salaam telah mengirimkan surat suara kepada WNI lain yang terdaftar dalam DPT. Mereka tersebar di berbagai wilayah lain di Tanzania, yaitu Zanzibar, Arusha, Moshi, dan Mwanza, serta Rwanda (Kigali).

Penghitungan suara akan dilakukan pada Rabu, 17 April. Hal ini berbarengan dengan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Indonesia.

Ketua PPLN KBRI Dar es Salaam, Raksa Permana Ibrahim mengatakan penyelenggaraan pemungutan suara telah diatur berdasarkan garis-garis yang telah ditetapkan KPU, termasuk standar pengamanan untuk logistik pemilu.


"Kita sudah memastikan bahwa hal-hal yang kita lakukan terpantau secara saksama melalui ketersediaan CCTV dalam pengawasan logistik serta surat suara yang berada di Dar es Salaam," kata Raksa.

Salah satu WNI Indah Paramita menyampaikan kebahagiaannya karena dapat menggunakan hak konsitusinya di Pemilu 2019. Meski jauh dari Tanah Air, Indah mengataka euforia Pemilu 2109 terasa hingga Tanzania.

"Meskipun jauh dari tanah air, tapi Pemilu 2019 tetap bergema, karena di KBRI Dar es Salaam suasananya sangat Indonesia, kekeluargaan, dan meriah," ucap Indah.



Tonton juga video WNI di Arab Saudi Ikuti Pemungutan Suara Hari Ini:

[Gambas:Video 20detik]


(eva/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed