detikNews
Sabtu 13 April 2019, 21:37 WIB

Jokowi Pamer Juara Wisata Halal, Sandi Ungkap Konsumsi Produk Halal RI

Dwi Andayani - detikNews
Jokowi Pamer Juara Wisata Halal, Sandi Ungkap Konsumsi Produk Halal RI Sandiaga Uno di panggung debat pamungkas. (Dwi/detikcom)
Jakarta - Capres Joko Widodo (Jokowi) membanggakan soal wisata halal Indonesia dalam debat kelima Pilpres 2019. Cawapres Sandiaga Uno menjawab dengan menyebut Indonesia saat ini dibanjiri produk-produk halal yang berasal dari impor.

"Dalam urutan negara dengan pengimpor, sebagai pengimpor produk-produk halal, kita nomor 4 terbesar. Kita harusnya memposisikan diri sebagai negara yang bisa memproduksi barang-barang halal," kata Sandiaga di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).


Sandi mengatakan Indonesia harus bisa menjadi produsen produk halal dan dia menyebut kuncinya ialah menciptakan ekosistem bahwa ini bukan hanya soal keuangan syariah, tapi ekonomi syariah secara komprehensif.

[Gambas:Video 20detik]


"Kami mencanangkan bahwa kekuatan kita adalah kekuatan kewirausahaan kita, khususnya di bidang ekonomi syariah. Banyak sekali produk syariah," sebut Sandiaga.


Dia lantas menceritakan pengalamannya saat berkampanye. Menurut Sandi, Indonesia berpeluang menjadi pengekspor produk halal, bukan malah, menurutnya, saat ini dibanjiri produk impor.

"Saya baru saja kemarin berkampanye menemukan produk halal network internasional yang ternyata produk herbal Indonesia yang memiliki kemampuan untuk ekspor. Kami yakin dengan semangat kita memperkuat produksi kita, produk-produk halal kita bisa merajai. Jangan kita terus dibanjiri oleh produk-produk impor," sebut Sandiaga.


Simak Juga Adu Ide Ma'ruf dan Sandi soal Keuangan Syariah dan Produk Halal:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed