detikNews
Jumat 12 April 2019, 19:29 WIB

Janji Prabowo: Kita akan Punya Mobil Buatan Indonesia, Bukan Etok-etok

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Janji Prabowo: Kita akan Punya Mobil Buatan Indonesia, Bukan Etok-etok Prabowo Subianto (Foto: ANTARA FOTO)
Surabaya - Capres Prabowo Subianto berjanji Indonesia akan memiliki mobil buatan anak bangsa jika dia terpilih pada Pilpres 2019. Prabowo yakin Indonesia mampu mewujudkan hal itu.

"Makanya saya berani bicara pada saudara-saudara. Kita memimpin negeri ini kita akan punya mobil buatan Indonesia, bukan mobil etok-etok," kata Prabowo saat pidato kebangsaan di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019).

Tak hanya mobil buatan Indonesia. Prabowo juga berjanji bangsa Indonesia akan bisa membuat pesawat terbang lagi seperti saat era Presiden RI ke-3 BJ Habibie.

"Kita ingin punya mobil buatan Indonesia yang benar. Kita akan bikin pesawat terbang lagi seperti zaman Pak Habibie. Ternyata di luar negeri banyak Habibie Habibie muda di luar negeri. Saya akan, semua panggil kembali ke indonesia, kita akan bikin kapal-kapal Indonesia, kita akan bikin komputer-komputer Indonesia," tuturnya.



Prabowo kemudian bercerita saat jurnalis asing bertanya tentang keyakinannya untuk mewujudkan hal tersebut. Dia pun dengan tegas mengatakan bahwa bangsa Indonesia mampu membuat mobil hingga pesawat seperti negara-negara lainnya.

"Bagaimana dia tanya kepada saya. 'How are you going to do itu? Bagaimana kau laksanakan itu?' Saya tanya lagi balik, 'anda pernah belajar manajemen? Semua mulai dari visi. Angan-angan, cita-cita. Kalau cita-cita ya sudah kita cukup jadi pelayan orang lain ya kita tidak jadi apa-apa'," ujar Prabowo.

"Kalau cita-cita seperti Jepang, Korea dan RRT. Kita harus bikin mobil sendiri, pesawat sendiri, kira harus jadi bangsa yang produktif. Malaysia bisa. Malaysia sudah bisa bikin mobil 3 tahun yang lalu. Negara lebih kecil dari kita. Kita 10 kali lebih besar dari Malaysia. Karena Malaysia dulu punya pemimpin yang punya visi. Jadi pertama visi, niat, dari niat kita tetapkan sasaran-sasaran. Dari rencana-rencana kita bikin program aksi," sambungnya.

"Saya bertanya, coba...," kata Prabowo lagi tak melanjutkan kalimatnya.

"Tidak ada interupsi mbak," sembari menunjuk seorang perempuan yang tengah duduk di depannya.

"Saya bertanya coba yang punya jam. Lihat jam kalian masing-masing kalian yang punya jam. Ada yang buatan Indonesia? Kita harus punya jam buatan Indonesia," ujarnya lagi.

Selain mobil, pesawat, komputer dan mobil, Prabowo juga ingin Indonesia bisa membuat kacamata sendiri. Dia yakin Indonesia mampu melakukannya.



"Kacamata buatan asing. Harus punya kacamata buatan Indonesia. Nanti ada yang bertanya bisa nggak. Bisa. Yang pertama kita mengatakan bisa dulu. Nanti kumaha engke. Biasanya begitu. Saudara-saudara, kita bukan pesimis, kita optimis," kata Prabowo.

"Kita akan menolak ejekan-ejekan orang bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang lemah, bangsa yang males dan tidak bisa berbuat apa-apa," sambung dia.
(mae/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com