DetikNews
Jumat 12 April 2019, 12:59 WIB

2 Tahun Kasus Novel Baswedan, Jokowi: Ada Tim Gabungan, Kejar ke Mereka

Ray Jordan - detikNews
2 Tahun Kasus Novel Baswedan, Jokowi: Ada Tim Gabungan, Kejar ke Mereka Foto: Instagram @jokowi
Jakarta - Dua tahun sudah kasus teror penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan terjadi tapi belum menemui kejelasan. Apa kata Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Saat ditanya mengenai kasus itu, Jokowi bicara soal telah dibentuknya tim gabungan. Tim itu terdiri dari Polri, Ombudsman, KPK, Komnas HAM, dan para pakar hukum.

"Itu kan sudah ada tim gabungan di Polri, yang terdiri dari polisi, Ombudsman, dan KPK sendiri," kata Jokowi saat ditemui wartawan di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).



Jokowi pun meminta agar perkembangan kasus itu ditanyakan ke tim gabungan tersebut. Jangan lagi dikembalikan ke dirinya.

"Tanyakan kepada mereka, kejar kepada mereka hasilnya seperti apa. Jangan dikembalikan ke saya lagi. Apa gunanya sudah dibentuk tim gabungan seperti itu?" tegas Jokowi.

[Gambas:Video 20detik]


Saat ditanya mengenai hasil kerja tim gabungan itu, Jokowi kembali meminta publik menanyakannya ke tim gabungan itu.

"Ya tanyakan ke mereka, belum ditanyakan ke sana kok," katanya.



Kasus teror air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan yang terjadi sejak dua tahun lalu belum juga terungkap hari ini. KPK pun meminta ada tindakan tegas dan percepatan proses hukum untuk mengungkap kasus ini.

"Kami berharap ada sebuah tindakan tegas dan ada sebuah percepatan proses yang bisa dilakukan agar pelaku kejahatan itu tidak berpikir mudah saja untuk menyerang penegak hukum, mudah saja untuk menyerang aktivis antikorupsi dan masyarakat yang lainnya karena mereka tidak akan diproses, jangan sampai cara berpikir itu yang kemudian muncul," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (11/4).


Benarkah Konflik Internal Bikin Kinerja KPK Terganggu? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(jor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed