DetikNews
Jumat 12 April 2019, 09:46 WIB

Bagir Manan: Kedewasaan Demokrasi, Siap Kalah

Andi Saputra - detikNews
Bagir Manan: Kedewasaan Demokrasi, Siap Kalah Prof Bagir Manan (grandy/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof Bagir Manan menyerukan masyarakat untuk dewasa dalam berdemokrasi. Ciri kedewasan demokrasi adalah siap kalah dan siap menang.

"Salah satu yang kita harapkan dari pemilu, bahwa selain berintegirtras juga berharap adalah kedewasaan berdemokrasi. Salah satu wujud, kedewasan adalah kesiapan untuk kalah, kesiapan untuk menang," kata Bagir Manan.


Hal itu disampaikan dalam wawancara dengan Direktur Pusako Universitas Andalas, Feri Amsari dan Direktur Puskapsi, Bayu Dwi Anggono sebagaimana dikutip detikcom, Jumat (12/4/2019). Seluruh wawancara ditampilkan dalam vlog PUSaKO FHUA dengan judul 'Ayo Gunakan Hak Pilih, Jangan Delegitimasi Pemilu - Bersama Prof. Bagir Manan'.

"Pada suatu saat kalah, ya kalah," kata Bagir menegaskan.

Meski secara hukum, orang berhak mempersoalkan kekalahannya, tapi dia harus tunduk pada aturan hukumnya. Bila tidak berdasar hukum, maka yang kalah tidak bisa membawa ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tidak bisa menggunakan lembaga hukum MK untuk hal-hal yang tidak punya landasan hukum yang baik. Yang tidak siap kalah, semua dibawa ke MK. MK harus melihat ini, apakah persoalan hukum, atau dihukum-hukumkan. Saat persoalan dihukum-hukumkan, maka MK harus tegas, MK harus menolak," ujar Bagir.

Bagir menyerukan setiap warga negara untuk datang ke TPS pada 17 April nanti. Ia mengutip seruan Bung Hatta dua hari sebelum pemilu 1955.

"'Datanglah ke kotak suara, gunakan hak pilihmu. Itulah saat anda menunjukan anda memerintah diri sendiri. Saat anda menunjukan bahwa keadulatan ada di tangan anda'. Saya pikir argumentasi Bung Hatta masih relevan saat ini," pungkas Bagir.



Simak juga video Top Ten Hoax Paling Populer di Medsos Jelang Pilpres 2019:

[Gambas:Video 20detik]


(asp/HSF)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed