detikNews
Kamis 11 April 2019, 11:55 WIB

Harimau Masuk Kampung di Pelalawan Riau, BBKSDA Pasang Kamera Trap

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Harimau Masuk Kampung di Pelalawan Riau, BBKSDA Pasang Kamera Trap Tim BBKSDA Riau saat berada di lokasi (Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Pekanbaru - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang kamera trap karena ada harimau yang masuk ke perkampungan warga di desa Labuan Bilik, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Kamera dipasang untuk memantau pergerakan harimau itu.

"Tim kita sudah sampai di lokasi setelah menempuh perjalanannya yang cukup jauh. Di mana lokasi juga susah sinyal HP," kata Humas BBKSDA Riau, Dian, kepada detikcom, Kamis (11/8/2019).



Dian mengatakan saat tim BBKSDA Riau tiba, tak ditemukan lagi jejak kaki harimau karena sudah tergerus air hujan. Namun, ada warga yang sempat mengambil foto bekas serangan harimau terhadap sapi warga.

"Jejak tapak harimau di lokasi sudah tidak ditemukan lagi, karena sebelumnya sempat turut hujan. Namun demikian, bukti-bukti lain seperti sapi yang bekas diserang harimau sempat difoto warga sebelum sapinya dipotong karena bekas luka," kata Dian.



Kamera trap sendiri bakal dipasang di lokasi yang diperkirakan sebagai lintasan harimau. Tim BBKSDA juga masih berada di lokasi untuk menyosialisasikan ke warga soal harimau yang merupakan satwa dilindungi.

"Kamera trap akan dipasang di lokasi yang kemungkinan tempat lintasan," kata Dian.

"Tim di lokasi juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang satwa yang dilindungi," sambungnya.
(cha/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com