DetikNews
Rabu 10 April 2019, 10:43 WIB

Meski Naturalisasi Sungai Pakai Beton, Gerindra DKI Tetap Dukung Anies

Danu Damarjati - detikNews
Meski Naturalisasi Sungai Pakai Beton, Gerindra DKI Tetap Dukung Anies Foto ilustrasi Kali Ciliwung (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Naturalisasi sungai semula direncanakan tanpa menggunakan beton sebagai material dinding sungai. Namun kini, Pemprov DKI pimpinan Gubernur Anies Baswedan tak mempermasalahkan penggunaan sheet pile beton untuk memperkuat bantaran sungai. Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI tetap mendukung kebijakan Anies.

"Pasti kita support (dukung), mau itu beton mau itu pakai apa pun, kita support," kata Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD DKI dari Partai Gerindra, Iman Satria, kepada wartawan, Rabu (10/4/2019).



Iman, yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra, memastikan Gubernur Anies sudah menelaah dan mengkaji naturalisasi sungai. Dia memahami nantinya lingkungan sungai akan dipercantik secara estetika agar sesuai dengan konsep naturalisasi.

"Setahu saya, naturalisasi dinding sungai itu ditutup dengan tanaman-tanaman supaya natural. Ini yang membedakan dengan normalisasi," kata Iman.

Soal penguatan dinding sungai, dia melihat ada solusi selain menggunakan beton, yakni menggunakan keranjang kawat pembungkus batu alias bronjong. "Dengan bronjong kan bisa, ditutup dengan tanaman. Tidak harus dengan sheet pile," kata Iman.

Sebelumnya, anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP, Manuara Siahaan, menilai pernyataan Anies ini menggelitik. Soalnya konsep naturalisasi akhirnya menggunakan beton juga. Dia menilai istilah ini keliru tapi harus terus dilanjutkan karena Gubernur Anies sudah telanjur mengemukakan istilah itu.



Kini Anies sudah meneken Pergub Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pembangunan dan Revitalisasi Prasarana Sumber Daya Air secara Terpadu dengan Konsep Naturalisasi.

Naturalisasi sungai dicanangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada awal tahun lalu. Naturalisasi, menurut Anies, akan mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya.

"(Mengatasi banjir) salah satunya ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan (air) tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan," kata Anies di Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2/2018) silam.

Anies pun tidak mau ada pembetonan dalam naturalisasi. "Anda tidak ketemu betonisasi. Karena yang kita lakukan adalah naturalisasi," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2018).
(dnu/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed