detikNews
Selasa 09 April 2019, 19:41 WIB

Revitalisasi Trotoar di Kemang Ditarget Selesai November 2019

Farih Maulana - detikNews
Revitalisasi Trotoar di Kemang Ditarget Selesai November 2019 Trotoar di Kemang (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Wali Kota Jakarta Selatan Marullah mengatakan revitalisasi trotoar di kawasan Kemang akan dimulai pada Mei 2019. Pengerjaan revitalisasi ditargetkan selesai pada November 2019.

"Bulan depan sudah mulai dilakukan. Karena gambarnya sudah siap, kemudian sebelum akhir tahun sudah jadi, kira-kira November, Desember paling telat. Kita sih berpikir November sudah selesai," jelas Marullah saat dihubungi wartawan, Selasa (9/4/2019).

Revitalisasi trotoar merupakan salah satu penataan complete street yang menjadi program Pemprov DKI Jakarta. Ada beberapa ruas trotoar di Kemang yang akan dirombak hingga ditambah.



"Itu penataan wilayah Kemang dengan menambah beberapa ruas trotoar di lingkup tertentu. Yang ditata itu panjangnya ada sekitar 3,5-4 kilometer," lanjutnya.

Sementara itu, lebar trotoar dibuat bervariasi, tergantung kondisi lahan. "Variatif, ada yang mesti ditambah 2 meter, ada yang 3 meter, ada yang 4 meter, itu bervariasi kanan-kiri," sebutnya.

Marullah tidak menjelaskan secara detail konsep complete street yang akan diterapkan di Kemang ini. Namun salah satunya membatasi kendaraan pribadi di kawasan Kemang.

"Untuk menikmati Kemang itu memang harus dengan jalan kaki. Kan sekarang banyak galeri seni. Yang menikmatinya itu rasanya kalau memang crowded-nya kendaraan-kendaraan akan agak terasa kurang bisa diakses atau dinikmati warga atau orang-orang yang mau ke situ," paparnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com