DetikNews
Selasa 09 April 2019, 11:18 WIB

5 Siswa SMA di Lebak Diperiksa Terkait Video Pemukulan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
5 Siswa SMA di Lebak Diperiksa Terkait Video Pemukulan Foto: Ilustrasi pengeroyokan (dok detikcom)
Serang - Polsek Malingping, Kabupaten Lebak melanjutkan pemeriksaan terkait video viral pemukulan siswa setingkat SMA di Lebak yang viral di media sosial. 5 orang dipanggil untuk digali keterangannya.

"Hari ini juga diundang dipanggil, saksi 4 dengan saksi korban," kata Kapolsek Malingping Kompol Gofar Risyandi kepada detikcom melalui sambungan telepon di Lebak, Banten, Selasa (9/4/2019).

Gofar meralat bahwa pemukulan itu bukan dilakukan oleh siswa SMP. Tapi oleh siswa setingkat SMA di Malingping. "Iya diralat bukan SMP tapi setingkat SLTA, saya tidak bisa menyebutkan sekolahnya karena rawan disudutkan" katanya.



Keluarga saksi korban sudah melaporkan pemukulan ini kepada pihak kepolisian. Kejadian pemukulan berawal dari saling ejek di media sosial dan terjadi saling tantang satu sama lain pada Kamis (4/4) lalu.

"Gara-gara di facebook main ejek-ejekan, kejadian di salah satu kebun di lapang," katanya.



Gofar menambahkan, total 9 orang yang ada di video pemukulan itu. Masing-masing 1 saksi korban, 4 orang yang melakukan pemukulan dan memvideokan.

Terpisah, Komisioner KPAI Retno Listyarti menyampaikan keprihatinan atas peristiwa kekerasan sesama anak di Malingping. Ia juga menyayangkan aksi kekerasan yang direkam dan beredar di dunia maya.

KPAI juga meminta polisi menyelesaikan kasus ini sesuai dengan sistem Peradilan Anak. Jika dimungkinkan polisi menggunakan diversi atau penyelesaian di luar pengadilan menginggat korban dan pelaku masih berusia anak.

"KPAI juga mendorong Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, P2TP2A untuk asesmen psikologi dan rehabilitasi psikologi agar remaja tersebut tidak mengulangi perbuatannya," kata Retno dalam rilis yang diterima wartawan.


(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed