detikNews
Kamis 04 April 2019, 22:05 WIB

Menhub Harap Proyek Jalur Ganda Bogor-Sukabumi Rampung November 2019

Mega Putra Ratya - detikNews
Menhub Harap Proyek Jalur Ganda Bogor-Sukabumi Rampung November 2019 Foto: Istimewa
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengecek langsung pembangunan Jalur Ganda (double track) Bogor - Sukabumi. Menhub memastikan bahwa proyek double track ini selesai pada November 2019.

Menhub mengatakan Sukabumi salah satu kabupaten yang memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa. Dan Presiden Jokowi berulang-ulang memberikan arahan kepada dirinya untuk dibuat kemudahan akses menuju Sukabumi.


"Saya dan pak Basuki membangun prasarana di Sukabumi mulai dari Jalan Tol, Doubel Track Kereta Api dan Bandara dan juga melakukan revitalisasi pelabuhan," kata Menhub, Kamis (4/4/2019).

Dijelaskan Menhub pembangunan Doubel Track ini bukan hanya membangun, tapi juga mengurangi drajat kemiringan dari 25 menjadi 23. Pembangunan yang dilakukan sejauh 7 km ini, kereta api yang tadinya ada 6 gerbong bisa menjadi 8-9 gerbong.

"Kami juga sudah menghibahkan lokomotif kepada PT KAI, dan ini kapasitasnya akan dinaikan menjadi dua kali lipat. Sehingga baik penumpang maupun barang bisa naik tiga kali lipat," Ujarnya.

Mantan Dirut AP II ini mengatakan dengan fokusnya pembangunan ini bisa memudahkan bagi masyarakat maupun pelaku industri yang membuat kesejahteraan Sukabumi ini semakin besar.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada H Sutarman yang sudah menghibahkan tanahnya kepada pemerintah. Ini suatu perbuatan terpuji dan ini bisa menjadi contoh bagi yang lain, supaya proyek-proyek yang lain bisa lancar," ungkapnya.

Menhub memastikan bahwa proyek double track ini selesai pada bulan November 2019. Dan tahun depan akan dilanjutkan proyek 8 km, dan akan dilakukan setiap tahun.

"Harapan besar pemerintah proyek ini bisa memudahkan akses warga Sukabumi dan juga memberikan pekerjaan bagi masyarakat untuk mendapat penghasilan lebih," Tegasnya.

Diketahui proyek pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Antara Bogor - Sukabumi (sepanjang 57 Km) merupakan Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Perpres No. 56 Tahun 2018, dimana kegiatan pekerjaannya dimulai dari Tahun 2018 dan ditargetkan selesai dan beroperasi pada Tahun 2021.


Pada Tahun 2018, pada tahap pertama pembangunan jalur ganda ini, dimulai dari pembangunan jalur ganda lintas Cigombong - Cicurug Tahap I sepanjang 7,5 Km dan akan dilanjutkan di Tahun 2019 untuk Lintas Cigombong-Cicurug Tahap II.

"Saya menyampaikan Terima Kasih kepada segenap masyarakat yang terdampak penertiban dan pembebasan lahan guna memperlancar pembangunan Jalur Ganda KA Lintas Bogor - Sukabumi ini, khusunya Bapak H. Parman yang telah mewakafkan tanahnya untuk kepentingan umum untuk digunakan jalan akses dan pembangunan Madrasah," tandasnya.
(ega/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed