detikNews
Rabu 03 April 2019, 13:14 WIB

Cerita Ayu Poliandri di Balik Foto Bak Dokter Ukur Tensi Kakek-Nenek

Aditya Mardiastuti - detikNews
Cerita Ayu Poliandri di Balik Foto Bak Dokter Ukur Tensi Kakek-Nenek Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom
Denpasar - Komang Ayu Puspa Yeni alias Ayu tertawa ketika fotonya mengukur tensi kakek-nenek disebut menjadi salah satu modusnya menipu sebagai dokter. Ayu, yang telah divonis 3 tahun, punya versi cerita berbeda.

"Itu memang kegiatan Bhayangkari. Saat itu pas habis ada bencana banjir, kalau nggak salah di Ponorogo. Pas Lebaran kalau nggak salah," kata Ayu di Rutan Negara, Jl Wijayakusuma, Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Selasa (2/4/2019).

Ayu mengaku kala itu diajak suaminya untuk bantu-bantu. Apalagi dia mengaku bisa mengukur tensi. Suami pertama Ayu, Y, merupakan seorang polisi.

"Terus pas di Bhayangkari kadang kurang tenaga, terus kami ada kegiatan ini-itu. Kami diajakin, kan saya bisa nensi terus itu kan cuma tinggal pakai gininya terus diajarin... sudah. Saya kan Bhayangkarinya di kelompok suami saya, suami saya Bhabin, waktu itu difoto dan itu fotonya pas saya sama nenek-nenek itu," tuturnya.
Ayu sedang mengukur tensi.Ayu sedang mengukur tensi. (Foto: Istimewa)

Ayu pun berkilah jika foto itu dia gunakan sebagai salah satu modusnya melakukan tipu-tipu. Dia pun menyebut posenya berkalung stetoskop untuk kepentingan foto-foto.
"Sebenarnya itu banyak, ada ibu kapolres, banyak sekali. Terus ada kalung stetoskop, saya suruh megang karena lagi action makanya saya taruh gini (kalungin) kan nenek-nenek asli semua itu nggak palsu," ujarnya meyakinkan.

Soal foto itu, menurut Ayu, juga sudah dijelaskan di persidangan. Ayu menyebut foto itu dia unggah di akun Facebooknya sebagai kegiatan Bhayangkari. Ayu menepis jika sengaja memberikan foto itu ke suami keduanya, I Gede Arya Sudarsana, sebagai bukti dia kuliah kedokteran.

"Nggak, kan di hakim kemarin dibilang itu diambil dari FB saya. Saya nggak pernah mencetak foto itu terus ngasih ke Arya ini lo saya jadi dokter, kan nggak, karena saya nggak pernah pakai baju praktik dokter, nggak pakai baju perkuliahan apa pun," tuturnya.

Ayu menyebut posenya berkalung stetoskop untuk kepentingan foto-foto.Ayu menyebut posenya berkalung stetoskop untuk kepentingan foto-foto. (Foto: Istimewa)


"Kalau itu saya disuruh mengakui, sampai kapan pun nggak akan, karena saya nggak pernah, apalagi sampai menyentuh sebuah universitas dan sampai diklarifikasikan ke saya itu kan berat. Jadi memang sampai digeledah di Jawa pun nggak ada atribut kampus tersebut," ucap ibu tiga anak itu.

Sebelumnya diberitakan, Ayu divonis 3 tahun bui karena dinilai bersalah melakukan penipuan terhadap Arya. Pengakuan Ayu sebagai seorang single dan kuliah S2 kedokteran diduga sebagai modus untuk aksi tipu-tipu untuk mengeruk keuntungan senilai Rp 1,4 miliar dari Arya. Padahal faktanya Ayu adalah ibu tiga orang anak dan memiliki suami di Ngawi.


Simak Juga "Buka-bukaan Ayu soal Poliandri hingga Duit Miliaran":

[Gambas:Video 20detik]


(ams/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com