detikNews
2019/03/30 17:19:30 WIB

Round-Up

Saling Klaim 'Jagoan' Jelang Debat Capres

Tsarina Maharani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Saling Klaim Jagoan Jelang Debat Capres Ilustrasi Jokowi-Prabowo (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Joko Widodo dan Prabowo Subianto bakal kembali berhadapan di debat capres malam nanti. Masing-masing timses mengklaim kehebatan jagoan mereka terkait tema debat keempat.

Dirangkum detikcom, Sabtu (30/3/2019), tema debat antarcapres kali ini meliputi isu pertahanan dan keamanan, ideologi, pemerintahan, dan hubungan politik luar negeri. Apa saja klaim TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga?


[Gambas:Video 20detik]


Klaim soal Pembebasan WNI dari Hukuman Mati

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyatakan sang capres telah berhasil membebaskan 443 WNI yang bekerja di luar negeri dari tuntutan hukuman mati. Hal ini disampaikan anggota TKN, Eva Kusuma Sundari, merujuk pada data dari Menlu RI Retno LP Marsudi.

"Selama pemerintahan Pak Jokowi, sudah ada 443 WNI yang terselamatkan dari hukuman mati di luar negeri. Ini diplomasi yang dilakukan luar biasa sepanjang sejarah," ujar Eva.

Sementara itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi memamerkan peran sang capres dalam upaya pembebasan TKI Wilfrida Soik dari ancaman hukuman mati di Malaysia. BPN menyebut, meski Prabowo tidak duduk di pemerintahan, eks Danjen Kopassus itu berhasil membebaskan Wilfrida dari segala tuntutan.

"Dalam aspek peran internasional, meskipun bukan seorang pejabat negara, ia turun langsung melakukan pembelaan terhadap TKI Wilfrida Soik yang terancam hukuman di luar negeri," kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Suhud Alynudin.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed