detikNews
Kamis 28 Maret 2019, 18:04 WIB

Paripurna Masih Minim Kehadiran, Ketua DPR: Kami Tak Malas, Kami Jalankan Tugas

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Paripurna Masih Minim Kehadiran, Ketua DPR: Kami Tak Malas, Kami Jalankan Tugas Foto: Ketua DPR Bamsoet (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Rapat paripurna penutupan masa sidang IV DPR RI hari ini dihadiri oleh 299 anggota berdasarkan catatan Sekretaris Dewan. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) pun bersyukur karena jumlah kehadiran meningkat dari rapat paripurna sebelumnya.

"Alhamdulillah wa syukurilah, kalau yang lalu sekitar 30-an (yang hadir), hari ini yang hadir fisik lebih dari 100. Tepuk tangan!" ujar Bamsoet dalam pidatonya di ruang rapat paripurna, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2019).


Bamsoet lantas menjelaskan mengapa masih banyak anggota dewan yang tak hadir dalam paripurna kali ini. Para anggota dewan tersebut bukan membolos tanpa alasan. Meski tak hadir, mereka tetap menjalankan tugas-tugas kedewanan.

"Jadi hampir 200 yang berkirim surat, dan beberapa komisi masih melakukan tugas di daerah-daerah. Ada 7 komisi yang masih kunjungan kerja di daerah-daerah, di antaranya komisi I, II, III, kemudian VI, VII, VIII. Jadi secara fisik mereka tidak bisa hadir, tapi sudah memberitahukan dan mereka sedang menjalankan tugas-tugas kedewanan," jelas Bamsoet.

Bamsoet pun meminta agar tidak ada lagi kesalahpahaman yang menyebut anggota dewan malas rapat. Karena menurutnya, mereka yang tidak hadir rapat pun tetap melaksanakan tugasnya.

"Jadi nanti jangan salah paham lagi bahwa kami atau kita semua malas rapat, jawabannya adalah tidak. Karena tidak hadir pun tetap melaksanakan tugas-tugas kenegaraan," ucapnya.



Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan walaupun masa sidang kali ini berlangsung singkat, menurutnya hal itu sama sekali tidak mengurangi kesungguhan para anggota DPR untuk melaksanakan tugas-tugas konstitusionalnya di sela-sela kesibukan turun ke dapil masing-masing. Bamsoet pun mengapresiasi hal itu.

"Untuk itu, atas nama Pimpinan Dewan, saya menyampaikan terima kasih yang tulus sekaligus apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota DPR yang tetap konsisten dalam mengemban amanah rakyat sampai akhir masa jabatan nanti," pungkas Bamsoet.
(azr/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com