DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 19:00 WIB

JK: Saya Tak Ingat Janji Buyback Indosat

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
JK: Saya Tak Ingat Janji Buyback Indosat Wapres Jusuf Kalla atau JK (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno berjanji akan meneruskan janji capres petahana Joko Widodo (Jokowi) untuk pembelian kembali (buyback) saham Indosat yang telah dijual ke investor Qatar. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku tidak ingat soal janji Jokowi bersama dirinya untuk buyback Indosat.

"Saya tidak ingat itu. Tetapi seperti yang saya katakan bahwa kita ingin menarik modal asing masuk. Jadi kalau kita buyback, itu kan justru kita mengeluarkan investasi yang sudah masuk itu," kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).


[Gambas:Video 20detik]


JK mengatakan buyback bisa dilakukan jika Qatar Telecom ingin menjual sahamnya. Tapi, menurutnya, Qatar Telecom belum memiliki keinginan menjual Indosat.

"Kemudian bisnis telekomunikasi itu merupakan bisnis yang padat modal. Jadi investasi yang terus-menerus dengan keuntungan yang kecil. Karena itu memang saya kira Indosat itu tidak rugi. Hanya keuntungannya sangat kecil," jelas JK.

JK mengatakan sebaiknya Indonesia fokus pada investasi yang lain. Dia ingin buyback Indosat tidak dipaksakan.

"Kalau hanya membeli yang sudah ada, itu kan tidak menambah apa-apa. Hanya pindah kepemilikan dan di Indonesia juga sudah ada di situ. Bukan masalah nasionalisme saja, tetapi ini kita berangkat dari pemikiran investasi yang masuk ke dalam negeri. Jangan justru dikeluarkan," sebutnya.



Sebelumnya, Sandiaga berjanji akan meneruskan janji capres petahana Joko Widodo buyback saham Indosat yang telah dijual ke investor Qatar. Upaya itu dilakukan untuk menyempurnakan Sistem Integrasi Nasional (SIN).

"Sebetulnya ide Pak Jokowi untuk mem-buyback Indosat itu bagus. Dan di bawah Prabowo-Sandi, akan kita usahakan," kata Sandiaga di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (20/3).

Jika terpilih jadi wapres, Sandiaga mengaku akan melakukan komunikasi dengan Qatar soal rencana buyback Indosat. Upaya ini juga bagian dari strateginya yang diberi nama 'Big Push'.


Simak Juga 'Bincang-bincang, Saat JK Ada di Persimpangan Jalan':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed