DetikNews
Selasa 26 Maret 2019, 16:01 WIB

Amien Rais Singgung DPT Janggal, KPU: Silakan Dilaporkan

Dwi Andayani - detikNews
Amien Rais Singgung DPT Janggal, KPU: Silakan Dilaporkan Foto: Arief Budiman (Lamhot Aritonang)
Jakarta - Amien Rais menyinggung adanya kejanggalan dan data ganda dalam Data Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. KPU mempersilakan Ketua Dewan Kehormatan PAN itu melakukan pelaporan.

"Ya dilaporkan saja, pokoknya kalau ada ditemukan merasa tidak cocok silakan dilaporkan saja," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).


Arief mengatakan akan menerima laporan yang dilayangkan. Dia juga menyebut pihaknya tidak pernah tidak merespons laporan yang masuk.

"Nanti KPU merespons, tidak ada laporan yang disampaikan ke kita yang tidak direspons," kata Arief.

Sebelumnya, Amien Rais berbicara soal rekayasa data di DPT Pemilu 2019. Dia menyebut rekayasa yang dilakukan manusia akan gagal jika didasarkan pada hal batil.

"Yang namanya rekayasa, rekapaksa manusia, secanggih apapun akan berakhir dengan sebuah kegagalan kalau didasarkan pada kebatilan, pada kepalsuan, pada sesuatu yang sifatnya hoax dan sebagainya," kata Amien di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3).


Menurut Amien, saat ini masih ditemukan sejumlah kejanggalan di DPT Pemilu 2019. Ia sempat mencontohkan soal data ganda. Namun, Amien menepis bahasannya dalam diskusi ini dalam upaya delegitimasi KPU. Malah, kata dia, dirinya ingin memastikan Pemilu 2019 menghasilkan sesuatu yang benar-benar sah

"Ada beberapa data dari DPT yang menurut temuan kami masih ada masalah karena ada yang tidak masuk akal," ucap politikus senior PAN itu.


Saksikan juga video 'Amien Rais: Rekapitulasi Pemilu Jangan di Hotel Borobudur, Banyak Jin':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed