detikNews
Senin 25 Maret 2019, 21:32 WIB

Otaki Pencurian Mobil Modus Rental, Seorang Wanita Diburu Polisi

Far - detikNews
Otaki Pencurian Mobil Modus Rental, Seorang Wanita Diburu Polisi Foto: Farih Maulana
Jakarta - Polisi memburu seorang wanita berinisial NV karena melakukan penggelapan mobil. Modusnya adalah dengan berpura-pura merental mobil tersebut.

"Inisial pelakunya adalah NV seorang perempuan yang sekarang DPO," kata Kapolsek Kebayoran Baru AKBp Benny Alamsyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin (25/3/2019).

Kasus ini dilaporkan oleh korban pada 5 Desember 2018 lalu. Awlanya, NV menyewa mobil dari dua orang korban.

"Saat itu tersangka NV menyewa mobil untuk keperluan pribadinya, selanjutnya tersangka NV menyewa lagi beberapa unit mobil untuk jangka waktu yang lama dan pembayaran melalui transfer," jelas Benny.

Akan tetapi, mobil yang disewa tidak dikembalikan sesuai perjanjian. Bahkan NV tidak dapat dihubungi kembali oleh korban.

Korban kemudian melaporkan kasus ini ke polisi. Hasil penyelidikan, polisi menangkap 5 orang kawanan NV yakni AR alias UK (30), SPJ alias JJ (55), SPT alias WG (34) dan MHK alias Pak De (63).



"Kita melakukan pengembangan dan berdasarkan pengakuan sudah melakukannya sebanyak 13 kali, ada 13 unit yang sudah digelapkan kemudian yang kita sita sebanyak 5 unit," sambungnya.

Dia menambahkan, para pelaku yang ditangkap merupakan penadah. Mereka menjual mobil hasil kejahatan ke luar Jakarta seperti Semarang dan Kendal dan sebagian di Jawa Timur.

"Lebih kurang (dijual dengan harga) antara Rp 20 juta sampai Rp 30 juta. Jadi mereka bahasanya hanya menjualkan STNK," sambungnya.

Dari para tersangka, polisi menyita 5 unit mobil hasil kejahatan. Para tersangka dijerat dengan Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed